Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Wilayah Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan tanggal 1 Ramadan 1439 H jatuh pada hari Kamis (17/5/2018) lusa. Hal ini disampaikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kemenag Republik Indonesia, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018) petang.

“1 Ramadan jatuh pada hari Kamis tanggal 17 Mei tahun 2018,” ujar Menag Lukman saat sidang Isbat, kemarin.

Keputusan ini diambil berdasarkan hasil hisab dan rukyatul hilal di 95 titik yang telah ditentukan dengan 32 laporan yang sudah diterima. Salah satunya dilaksanakan di Bojonegoro, tepatnya di Bukit Wonocolo dan di Tuban di Bukit Banyuurip.

“Posisi hilal di seluruh Indonesia masih di bawah ufuk mulai minus satu derajat 36 menit sampai 0 derajat 25 menit,” katanya.

Oleh karena itu, bulan sya’ban saat ini disempurnakan, istikmal menjadi 30 hari. 

Diketahui sebelumnya, penetapan 1 Ramadan ini juga dihadiri berbagai elemen masyarakat bahkan Duta Besar negara-negara sahabat. Hadir pulaKetua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Kemudian, bagaimana dengan jadwal imsakiyah di wilayah Tuban? Berikut laporan wartawan media blokTuban.com berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Tuban, Rabu (16/5/2018). [rof/col]