Server Down Siswa Tak Bisa Akses Soal

Reporter: Yetik Lusiana

blokTuban.com - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat, diwarnai server yang mengalami down. Hal ini diklaim merupakan permasalahan nasional pada hari pertama UNBK tingkat SMP maupun MTs.

Teknisi SMP 1 Tuban, Fajrin menjelaskan, ujian nasional tingkat SMP/MTs yang diikuti sebanyak 89 SMP dan 94 MTs di wilayahnya dipastikan mengalami hal sama. "Seluruh Indonesia atau nasional, karena memang kesalahan dari pusat," ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (23/4/2018).

Salah satu guru SMPN 1 Tuban mengatakan, ratusan siswa belum dapat mengakses atau masuk ke server untuk mengerjakan soal UNBK.

"Grogi dan was-was pasti yang dirasakan oleh anak-anak, tapi para guru selalu memberi saran untuk tidak terburu-buru dan tetap tenang karena kan tidak terpengaruh oleh waktu juga. Kalau dua jam waktu mengerjakan, mereka juga tetap punya waktu yang sama. Hanya saja mundur start saja," ungkap salah satu guru itu yang enggan disebutkan namanya.

Kekhawatiran dari para guru juga pasti ada, jelas guru itu menambahkan, khawatir jika mental siswa juga ikut down dan berpengaruh pada mengerjakan soal.

"Tapi tetap bersyukur SMPN 1 sudah beberapa kali UNBK, disamping itu anak-anak juga sudah beberapa kali berlatih. Mungkin kalau sekolah lain yang baru pertama UNBK pasti siswanya bingung," tutupnya kepada blokTuban.com. [lusy/rom]