12:00 . Ukuran Bank Dunia, Ketimpangan Penduduk Tuban Rendah   |   11:00 . Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya   |   10:00 . Data Imunisasi Anak akan Tersimpan di Aplikasi PeduliLindungi   |   09:00 . Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD   |   19:00 . Halal Bihalal di Tuban, Sekum PP Muhammadiyah : Penyakit PMK Jangan Dianggap Remeh   |   17:00 . Gerindra Tuban Tancap Gas, Siap Antarkan Prabowo Subianto ke RI-1   |   16:00 . Libur Akhir Pekan, Yuk Intip Keseruan Anak-anak Bermain Air di Pantai Pasir Putih   |   14:00 . Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya   |   13:00 . Ratusan Karya Seni Rupa Siswa Tuban Dipamerkan di Wisata Pantai Kelapa   |   12:00 . Jokowi Tegaskan Perang Tak Untungkan Siapapun, Mendag Fokus Pemulihan Ekonomi ASEAN   |   11:00 . Siap-siap! Vendor SIG Tuban yang Abaikan K3 Terima Skorsing   |   10:00 . Sepenggal Kisah Sumur Gemuling dan Lingga Yoni di Masjid Al-Falah Tuban   |   09:00 . Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring   |   08:00 . Mendag Lutfi: Penguatan ASEAN Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kawasan   |   16:00 . Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

11 Mahasiswa Unirow Ikut Pelatihan GKN 

bloktuban.com | Saturday, 03 March 2018 09:00

11 Mahasiswa Unirow Ikut Pelatihan GKN 

Pengirim: Fitriyah Ayu Puspitasari

blokTuban.com - Sebanyak 11 mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Jawa Timur mengikuti pelatihan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah provinsi Jawa Timur (Jatim) di Surabaya sejak hari Selasa (27/2/2018) kemarin. Unirow menjadi salah satu kampus dari 17 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berkesempatan terlibat.

"Mahasiswa yang boleh mengikuti GKN dari semester 2 sampai 6, untuk semester 8 tidak diperkenankan karena sudah skripsi," ujar Wakil Rektor (Warek) II, Dumiyati Sasongko, saat dikonfirmasi usai dari Surabaya pada hari Jumat (2/3/2018) kemarin.

Bu Dum sapaan akrabnya menjelaskan, keikutsertaan pelatihan ini bukan tanpa alasan. Mahasiswa tersebut nantinya akan dilatih dan dikembangkan kemampuan berwirausahanya, sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Jika memungkinkan nanti akan diberi dana hibah maksimal Rp13 juta, dan dibantu hak paten. Dosen yang mengampu mata kuliah ekonomi itu menegaskan, Unirow tahun lalu juga sudah mengirim mahasiswanya dan 4 lolos seleksi GKN. 

"Hal ini bukti bahwa kita mampu bersaing dengan PTN," tegasnya. 

Pada tahun ini, terdapat 17 PTN dan PTS yang mengikuti GKN. Unirow Tuban mendapat kuota sebanyak 11 mahasiswa untuk mengikuti pelatihan. Dari 200 kuota yang disediakan Dinas Koperasi dan UMKM, nantinya masih akan dipangkas menjadi 100 mahasiswa dalam seleksinya. 

"Untuk pendaftaran akan ditutup tanggal 2 Maret 2018 sesuai surat edaran yang sudah tersebar di mahasiswa," imbuh wanita berkacamata itu. 

Kementrian Koperasi besok tanggal 6 Maret 2018 akan mengundang seluruh rektor dari 17 PTN, dan PTS yang akan menandatangani nota kesepahaman bersama dengan tema Gerakan Mahasiswa Pengusaha di Bali. Selaras dengan dilatihnya mahasiswa yang lolos seleksi dari masing PT di Surabaya. 

"Jangan hanya menjadi Job Seekers, tetapi mahasiswa harus bisa menjadi Job Creators," pungkasnya. [ito]

*Penulis merupakan mahasiswi aktif di Prodi Ilmu Komunikasi FSIP, dan aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Unirow Tuban. 
 
 

Tag : unirow, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more