Dinkes Minta Warga Waspada Penyakit Akibat Banjir

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Beberapa hari terakhir sebagian wilayah di Tuban terendam banjir luapan sungai Bengawan Solo. Daerah yang terdampak di antaranya wilayah Kecamatan Rengel, Soko, Plumpang, dan Widang.

Terkait hal itu, pemerintah kabupaten Tuban, melalui Dinas Kesehatan menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai wabah penyakit. Baik untuk saat ini, maupun pasca banjir.

Pihaknya menyarankan agar warga yang terdampak tetap menjaga kebersihan pribadi. Yakni dengan cara selalu memakai air bersih untuk kebutuhan mandi, mencuci dan terutama untuk memasak. Bila terjadi sesuatu, hendaknya segera menghubungi petugas.

"Kami menghimbau warga tetap menjaga personal higiene (kebersihan pribadi)," kata Plt Kepala Dinkes Tubab, Endah Nurul K, Minggu (25/2/2018).

Pasca banjir pun menurut dia adalah saat yang juga harus tetap diwaspadai. Sebab, setelah banjir biasanya semua sumber air seperti sumur tercemar oleh air banjir. Maka, harus diperhatikan dalam penggunaannya.

"Maka nanti perlu pengolahan sederhana untuk menjernihkan air serta penambahan bahan untuk membunuh kuman," tegasnya.

Lantaran saat ini masih dalam suasana banjir, pihaknya konsentrasi pada penyelamatan penduduk dan penjaminan pelayanan kesehatan bagi yang membutuhkan.

"Pasca banjir baru kami berkonsentrasi pada perbaikan kualitas sumber air setelah tercemar banjir sebelum dikonsumsi oleh warga kembali," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]