12:00 . Ukuran Bank Dunia, Ketimpangan Penduduk Tuban Rendah   |   11:00 . Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya   |   10:00 . Data Imunisasi Anak akan Tersimpan di Aplikasi PeduliLindungi   |   09:00 . Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD   |   19:00 . Halal Bihalal di Tuban, Sekum PP Muhammadiyah : Penyakit PMK Jangan Dianggap Remeh   |   17:00 . Gerindra Tuban Tancap Gas, Siap Antarkan Prabowo Subianto ke RI-1   |   16:00 . Libur Akhir Pekan, Yuk Intip Keseruan Anak-anak Bermain Air di Pantai Pasir Putih   |   14:00 . Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya   |   13:00 . Ratusan Karya Seni Rupa Siswa Tuban Dipamerkan di Wisata Pantai Kelapa   |   12:00 . Jokowi Tegaskan Perang Tak Untungkan Siapapun, Mendag Fokus Pemulihan Ekonomi ASEAN   |   11:00 . Siap-siap! Vendor SIG Tuban yang Abaikan K3 Terima Skorsing   |   10:00 . Sepenggal Kisah Sumur Gemuling dan Lingga Yoni di Masjid Al-Falah Tuban   |   09:00 . Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring   |   08:00 . Mendag Lutfi: Penguatan ASEAN Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kawasan   |   16:00 . Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

LFMA Adakan Kaderisasi untuk Jaring Anggota Baru

bloktuban.com | Friday, 23 February 2018 09:00

LFMA Adakan Kaderisasi untuk Jaring Anggota Baru

Reporter: Tim Jurnalis Ma'had Aly Al Hasaniyyah

blokTuban.com - Lajnah Falakiyah Ma’had Aly (LFMA) Al Hasaniyyah, Senori, Tuban, sepekan terakhir melakukan tahapan kaderisasi. Puncaknya pada hari Kamis (22/2/2018) orientasi digelar, sekaligus pengukuhan anggota baru.

Bertempat di gedung Madrasah Aliyah (MA) Al Hasaniyyah, sebanyak 50 santri Pondok Pesantren dan Majlis Ta’lim (PPM) Daruttauhid Al Hasaniyyah antusias mengikuti kegiatan ini.

Orientasi dengan tema 'Pesantren dan Pengembangan Ilmu Falak' mencoba mengetengahkan diskursus Ilmu Falak dalam dunia pesantren. Lebih-lebih bahwa pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam, tentu menjadi rujukan dalam hal peribadatan. Seperti kiblat salat, awal puasa, awal hari raya, gerhana bulan dan segenap ibadah lain yang memerlukan perhitungan falak.

Hadir sebagai narasumber yakni perwakilan Tim LFMA angkatan I, Ach. Nashiruddin dan Iqbal Baihaqi. Secara detail narasumber I, Ach. Nashiruddin memaparkan bagaimana peran pesantren dengan kitab kuningnya dapat berperan dalam pengembangan Ilmu Falak. Sementara narasumber II Iqbal Baihaqi, secara khusus membahas arah kiblat, sebagai hal vital dalam pelaksanaan salat, sekaligus cara perhitungan arah kiblat menggunakan media kalkulator.

Dalam sambutannya, ketua LFMA Ach. Syafii menuturkan, jika setiap pesantren idealnya punya wadah untuk kajian dan pengembangan Ilmu Falak. “Peran adanya wadah bagi kajian dan pengembangan Ilmu Falak di pesantren seperti LFMA ini sangatlah penting. Mengingat pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang setiap harinya menggeluti dan bertanggungjawab atas peribadatan umat,” tuturnya.

Sejalan dengan tanggungjawab sebagai rujukan dalam hal peribadatan tersebut, maka penting untuk melakukan kaderisasi. “Diadakanya kaderisasi ini dalam rangka pengembangan Ilmu Falak, terlebih jika kelak para santri sudah boyong dari pesantren, kembali ke kampung masing-masing, mereka dapat menjawab problematika keumatan,” sambungnya.

Saat dikonfirmasi, koordinator Departemen Kaderisasi LFMA, Abdul Ghoni menyatakan, orientasi adalah tahapan ketiga dari kaderisasi di LFMA. “Ada dua tahapan sebelum orientasi ini. Pertama masa pendaftaran yang berlangsung empat hari, tahapan kedua seleksi selama dua hari, dan tahapan ketiga orientasi. Mulai besok (hari ini, red) peserta orientasi ini akan melakukan kajian secara berkala, tiap minggu dengan mentor masing-masing. Tadi telah kami bagi menjadi sembilan kelompok,” ujarnya.  

Kegiatan kaderisasi LFMA ini menjadi angin segar tersedianya sumber daya manusia (SDM) mumpuni dalam bidang falak. Mengingat rilis situs resmi Pemerintah Kabupaten Tuban, akhir bulan lalu yang menyebut, tak mustahil Kecamatan Senori menjadi pusat kajian Ilmu Falak. [rom]

Tag : MA'HAD ALI AL HASANIYYAH, senori tuban, ilmu falak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more