11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ponpes Al-Hasaniyyah Kaji Astronomi Sebelum Salat Gerhana

bloktuban.com | Thursday, 01 February 2018 06:00

Ponpes Al-Hasaniyyah Kaji Astronomi Sebelum Salat Gerhana

Pengirim: Jurnalis Ma'had Aly-Alhasaniyyah

blokTuban.com - Salat Gerhana Bulan yang dilaksanakan Pondok Pesantren (Ponpes) Daruttauhid Al-Hasaniyyah, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban pada Rabu (31/1/2018) malam dikemas berbeda.

Tidak hanya pelaksanaan salat, melainkan dikaji pula fenomena gerhana bulan dari sudut pandang astronomis oleh Tim Lajnah Falakiyah Ma'had Aly (LFMA) Al-Hasaniyyah.

Sebagaimana diketahui, perhitungan yang dilakukan LFMA Al-Hasaniyyah menunjukkan bahwa gerhana bulan terjadi pada tanggal 31 Januari. Pada gerhana bulan tahun ini kontak gerhana pertama kali terjadi pukul 18.48 WIB dan gerhana berlangsung selama 3 jam 22 menit. Sementara bulan tertutup secara total berlangsung selama 1 jam 16 menit, dimulai pukul 19.51 sampai pukul 21.07 WIB.

"Kalau dahulu orang tua bilang gerhana terjadi karena dimakan betoro kolo, makhluk dalam mitologi Jawa, kini secara astronomis kita bisa mengetahui mengapa gerhana bulan bisa terjadi. Termasuk durasi dan kapan pertama kali terjadi kontak gerhana bulan," lanjut Ustadz Izun dari Tim LFMA Al-Hasaniyyah.

Dalam kesempatan ini yang bertugas menjadi imam salat gerhana yakni Kiai Muhammad Hilmi,  sementara khatib yakni Kiai Chullah Maimoen.

Kiai Chullah, dalam paparan khutbahnya berpesan, gerhana bulan tidak boleh dikaitkan dengan kematian atau kelahiran seseorang. Gerhana bulan adalah salah satu tanda kekuasaan Allah. Momentum ini harus digunakan sebagai media pengingat, salah satunya pengingat akan terjadinya ketetapan Allah, ketetapan tentang hari kiamat.

"Untuk itu marilah kita tingkatkan ketaqwaan, senantiasa ingat Allah dan memperbanyak istighfar," sambungnya.

Selain kajian astronomis, setelah pelaksanaan salat gerhana, digelar gema dzikir dan salawat. Saat dikonfirmasi, ketua panitia Ach. Syafii mengatakan, gema dzikir dan salawat menjadi salah satu alat untuk selalu bersyukur dan ingat Allah.

"Menyambung dari apa yang disampaikan Kiai Chullah dalam khutbahnya, gema dzikir dan salawat harus kita lihat sebagai cara yang efektif untuk senantiasa ingat Allah," tutupnya. [rom]

Tag : gerhana bulan, ponpes al hasaniyah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat