Sendang Tunjungan, Wisata Alam Eksotis Nuansa Alami

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com- Suasana sejuk, rindang, angin semilir, dan pemandangan indah menjadi beberapa prioritas bagi sebagian besar wisatawan, Minggu (19/11/2017).

Tak sedikit orang-rang mencari tempat semacam itu. Seperti halnya tempat di daerah perbukitan kapur di Kecamatan Soko ini, Sendang Tunjungan.

Sumber mata air yang terletak di Desa Gununganyar, dan alirannya dibendung rapi oleh Desa Nguruan, Kecamatan Soko tersebut memiliki banyak spot pemandangan alam yang natural nan sejuk.

Dari rute yang bisa ditempuh, untuk menuju sendang yang terkenal dengan penampakan masjid di atas danau itu dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Namun sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja, karena keadaan jalanan desa yang cukup sempit.

Dari pusat Kecamatan Soko, anda bisa langsung ke utara untuk menuju Desa Nguruan. Desa Tersebut terletak di antara Desa Jegulo, Kecamatan Soko dan Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel.

Menuju lokasi Sendang Tunjungan, mata akan langsung diteduhkan oleh tanaman dan pepohonan hijau, dari awal masuk perkampungan, hingga menuju atas lokasi sendang.

Sesampainya di sekitar lokasi sendang, akan banyak kita temui berbagai jenis tanaman, mulia dari padi, jagung, lombok, dan bunga mawar.

"Di sini tempat yang cocok untuk bersantai menikmati sore hari dengan sajian pemandangan alam dari atas sendang," papar Anto, pemuda asal Desa Nguruan yang sering berkunjung ke sendang seluas lapangan sepak bola itu.

Dia bersama teman-temannya kerap bersantai di sana, sambil memandang teduhnya air sendang yang menari riang dihempas angin sore. Tak heran jika tempat itu sering didatangi pengunjung dari luar dan dalam daerah.

"Dulu sering datang pengunjung, ramai. Tapi semakin kesini semakin sepi saja," tambahnya.

Terlepas, dari sekian banyak lokasi wisata baru yang ditemukan oleh pemburu hiburan alam juga memengaruhi jumlah pengunjung yang datang ke sendang yang terletak didua desa Kecamatan Soko tersebut.

"Mungkin bila dikelola secara lebih, akan bisa dijadikan suatu tempat wisata yang unggul didaerah daratan tinggi ini," ungkap Iman, salah satu pengunjung asal Kebonagung-Rengel yang ditemui blokTuban.com saat sore hari. [feb/ito].