SMPN 2 Rengel Diklat Jurnalistik Bersama SEC

Penulis: Ardhita Eko G, Egika Julia

blokTuban.com - Pada hari Selasa (7/11/2017) sampai Rabu (8/11/2017), sebanyak 25 peserta yang dari perwakilan kelas 7, 8 dan 9 yang tergabung dalam tim redaksi majalah Sispensis SMPN Rengel belajar jurnalistik bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Society Education Centre (SEC) Bojonegoro.

Perwakilan dari SEC, Imam Muzaki menjelaskan, berjalannya pendidikan kilat (diklat) jurnalistik ini ini bermula dari penawaran LSM tersebut yang saat ini mendampingi Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel dalam pembangunan jalan aspal yang ada di timur SMPN 2 Rengel dalam Program Aksi Kemitraan untuk Pemberdayaan Masyarakat (PATRA DAYA) yang diprakarsai oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

Kak Imam, sapaan akrabnya menambahkan, dari SEC sendiri sudah memiliki basik kegiatan jurnalistik atau tentang menulis berita, dan sering memberikan pelatihan baik untuk anak SMP sampai mahasiswa dalam Sekolah Menulis SEC (SMS).

"Sebagai bentuk partisipasi, kami memberikan pelatihan menulis dan jurnalistik ini kepada SMPN 2 Rengel. Alhamdulillah disambut dengan baik," kata Kak Imam.

Kepala SMPN 2 Rengel, Suniti mengatakan, saat mendapatkan tawaran pelatihan menulis, pihak sekolah menyambut sangat baik. Sebab, momentnya tepat saat sekolah akan menerbitkan majalah Sispensis dan butuh pendampingan.

"Majalah Sispensis ini, sebagai wadah kreatifitas siswa dalam menulis dan menjadi media informasi tentang SMPN 2 Rengel ini," jelas Kepsek.

2017-11-08-10-48-32

Sementara itu, dalam pelatihan jurnalistik, selain Kak Imam, materi juga diberikan oleh Ketua SEC Bojonegoro, Parto Sasmito yang juga alumni dari Sekolah Menulis SEC (SMS) angkatan pertama tahun 2011, serta materi disampaikan oleh Mas'ud.

Adapun materi yang diberikan di antaranya tips mudah menulis, penggalian data, jenis berita, opini, dan resensi. Setelah materi diberikan, para siswa dibentuk kelompok untuk membuat persiapan liputan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya, sesuai dengan rubrik dalam majalah Sispensis nantinya.

"Diklat ini sangat bermanfaat mengembangkan ilmu di bidang jurnalistik. Selain itu juga berjalan seru dan mudah dipahami," ujar salah satu siswa, Ibnu. [ito]

Penulis adalah siswa dalam Redaksi Sispensis