1065 Mahasiswa Unirow Siap Mengabdi untuk Masyarakat

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sebanyak 1065 Mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, telah mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN), bertempat di Pendopo Kridho Manunggal, Selasa (25/7/2017).

KKN yang merupakan mata kuliah wajib tersebut bertemakan Pemberdayaan Masyarakat, yang akan diimplementasikan oleh mahasiswa kepada lingkungan sekitar.

Rektor Unirow, Supiana Dian Nurtjahyani mengatakan, KKN kali ini memang temanya adalah pemberdayaan masyarakat, berbeda dengan tema sebelumnya. Sebab, universitas mengharap agar mahasiswa bisa memberikan sumbangsih pemikirannya terhadap tempat atau lingkungan yang menjadi lokasi KKN.

"Ada 1065 Mahasiswa yang siap mengabdikan diri untuk masyarakat, semoga para mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmunya," ujarnya saat sambutan.

Dian begitu sapaan akrabnya, selama ini memperhatikan, bahwa masih banyak kesenjangan yang terjadi di Kabupaten yang berjuluk Bumi Wali ini. Diantaranya persoalan kemiskinan dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dengan adanya masalah yang sangat kompleks tersebut, Dian berharap mahasiswa bisa memberikan buah pemikirannya kepada masyarakat setempat, agar bisa ikut mengurangi angka kesenjangan yang ada.

"Angka kemiskinan ini cukup tinggi, berdasarkan data posisinya 5 terbesar di Jawa Timur, begitupun dengan SDM dalam hal ini buta aksara," pungkasnya.

Pada KKN tahun ini, mahasiswa akan disebar di 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban, untuk mengimplementasikan ilmu yang didapatnya selama menimba ilmu di kampus.[nok/ito]