17:00 . BMKG Tuban Himbau Masyarakat di Tujuh Kecamatan Ini Waspada Potensi Hujan   |   16:00 . Ramadhan 2023, Masjid Agung Tuban Siapkan 400 Porsi Takjil Setiap Hari   |   15:00 . Jumat Curhat, Kapolres Tuban Sampaikan Gangguan Kamtibmas Selama Ramadhan dari Perkelahian Pemuda dan Pencurian   |   14:00 . Waspada, Penyakit LSD Serang 389 Ekor Ternak Sapi di Tuban   |   13:00 . Bupati Tuban Tegaskan Tak Ada Ganti Rugi Berkaitan PMK   |   12:00 . Makam Dowo, Peristirahatan Ayah Bupati Tuban ke-7 Dijuluki Makam Angker   |   10:00 . Lirik Sholawat Kullul Qlub Lengkap Arab hingga Terjemah Indonesia   |   09:30 . Literasi TBC Berbasis Komunitas Untuk Menanggapi ELiminasi TBC Tahun 2030 di Jawa Timur   |   09:00 . Naik Rp9.000, Harga Emas Antam 24 Maret 2023 Tembus Rp1.096.000 Per Gram   |   08:00 . Apa Saja Syarat Wajib Puasa di Bulan Ramadhan? Yuk Simak!   |   07:00 . Sulap Kurma Jadi Suguhan Saat Lebaran Simpel, Simak Resepnya Yuk Bunda!   |   18:00 . Nikmati Bubur Muhdor, Makanan Khas Ramadhan Ala Warga Tuban   |   17:00 . Gelar Tarhib Ramadan 1444 H, Momentum TPPI Tuban Beri Kontribusi Nyata untuk Negeri   |   16:00 . 1 Ramadan 1444 H Harga Bahan Pokok di Tuban Stabil   |   15:00 . BMKG Minta Nelayan Tuban Waspada Gelombang Tinggi 2,5 Meter Lima Hari   |  
Sat, 25 March 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Moms, Jangan Simpan ASI dengan Makanan Lain di Kulkas Agar Tidak Busuk

bloktuban.com | Tuesday, 18 July 2017 07:00

Moms, Jangan Simpan ASI dengan Makanan Lain di Kulkas Agar Tidak Busuk

Reporter: -

blokTuban.com - Bagi ibu muda yang mempunyai anak balita dan harus bekerja, memastikan ASI (Air Susu Ibu) tetap tersedia selama mereka bekerja menjadi permasalahan penting. Banyak ibu muda yang harus membawa alat pumping agar tetap bisa memerah air susu mereka selama di kantor.

Kegiatan ini setiap hari harus dilakukan demi memberikan ASI eksklusif kepada anak mereka. Biasanya, rata-rata para ibu akan memberikan ASI sampai anak berusia dua tahun.

ASI sendiri memiliki manfaat sebagai asupan nutrisi alami yang paling baik diberikan kepada bayi. Untuk itulah, kayanya manfaat yang terkandung dalam ASI membuatnya tidak bisa disimpan di sembarang tempat.

ASI dapat bertahan selama enam jam jika ditaruh pada suhu ruangan 25 derajat celcius. Namun, ASI juga bisa bertahan hingga enam bulan jika disimpan pada freezer dengan suhu 18 derajat celcius di bawah titik beku 0 derajat celcius.


Meskipun dapat disimpan dalam waktu yang lama jika ditaruh di dalam frezzer, ada beberapa aturan yang harus para ibu penuhi. Menaruh ASI bersama dengan bahan makanan lainnya dalam satu kulkas menjadi larangan keras yang harus dihindari oleh para ibu.

"ASI tidak boleh disimpan jadi satu dengan bahan makanan lainnya di dalam kulkas," tegas dr. Reisa Broto Asmoro, dokter dan mantan finalis Miss Indonesia yang kini juga aktif memandu acara kesehatan Dr. OZ Indonesia, ketika ditemui kumparan (kumparan.com) dalam acara peluncuran kulkas Belleza 3 Polytron di Hotel Kempinski, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dr. Reisa mengungkapkan jika sifat ASI yang fresh membuatnya akan cepat busuk jika digabungkan dengan bahan makanan lainnya. "Susu biasa saja kan limited ya masa pakainya, beberapa jam setelah dibuka harus segera diminum, apalagi kalau ini ASI. Bayangkan ASI manusia yang fresh, kalau disatuin dengan yang lain lebih cepat busuk," terang dokter kelahiran 32 tahun lalu itu.

"Bahan makanan lain seperti apel saja sebenarnya bisa cepat busuk dan tidak boleh gabung untuk disimpan dengan makanan lainnya," lanjutnya.

Untuk itulah, dr. Reisa menyarankan agar para ibu yang memiliki bayi dan masih memberikan ASI eksklusif untuk menyediakan kulkas khusus yang hanya dipakai menyimpan ASI mereka. Hal ini disarankan agar ASI tidak terkontaminasi dengan bakteri lainnya.

"Iya, sebaiknya sediakan freezer sendiri yang khusus untuk ASI agar kandungannya tetap segar dan terjaga," tutup dr. Reisa.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat