Banjir Prestasi di Kandang Bahasa dan Sastra Unirow

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Prestasi di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban seolah sudah mentradisi. Semester ini, tercatat ada lima penghargaan tingkat nasional yang disabet putra-putri yang belajar di jurusan itu.

Kelima penghargaan itu, di antaranya berasal dari WA Publisher pada bulan Maret 2017. Yang mengadakan lomba menulis puisi dengan tema “Air Mata” yang dimenangi Mellisa Kuzza Azzura, mahasiswa PBSI semester VI dengan judul karya 'Kenali Ia Lebih Dulu'.

Penghargaan kedua dan ketiga juga di bulan Maret, datang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Riset-Dikti) yang mengabarkan dua judul penelitian dari dua kelompok mahasiswa yang dinyatakan lolos PKM bidang Penelitian Sosial Humaniora (PKMP-SH). Dua kelompok mahasiswa itu diketuai Yetik Lusiana dan Mohamad Musyafak.

"Dua penelitian itu selanjutnya akan didanai Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan melalui dana hibah pendanaan tahun 2017," kata Kepala Laboratorium Bahasa dan Sastra Indonesia Unirow Tuban, Suantoko.

Penghargaan keempat dan kelima ketika kampus swasta di Tuban ini mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Nasional Mahasiswa (PORSENASMA) III PT PGRI 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 25 sampai 30 April 2017 di Universitas PGRI Palembang.

Even nasional itu mendapuk Siti Nurcholifah sebagai juara II tangkai penulisan cerpen dan Inna Kholifatul Ulla sebagai juara II tangkai baca puisi.

“Selaku Ketua Prodi dan wakil dari dosen PBSI Unirow, kami sangat bangga dengan prestasi mahasiswa-mahasiswa kami. Ke depan kami siap meningkatkan prestasi mahasiswa,” ungkap Wahyu Mulyani, Ketua Prodi PBSI Unirow, Wahyu Mulyani.

Wahyu menambahkan, Prodi yang dia pimpin mengutamakan kualitas mahasiswa. Berbagai kegiatan melalui laboratorium digalakkan, baik akademik ataupun non akademik.[pur/ito]