20:00 . Pemuda Ini Benjol-Benjol Usai Dikeroyok Sekelompok Orang Tak Dikenal   |   19:00 . Warna Hijab Paling Banyak Diminati Remaja, Bikin Kulit Terlihat Lebih Cerah!   |   18:00 . Laris Manis, Aneka Jajanan Murmer Beromzet Ratusan Ribu per Hari   |   09:00 . Rahasia Bisnis Kue Dumbeg Bertahan hingga Tiga Generasi   |   07:00 . Studi Buktikan Lingkungan Hijau dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anak   |   18:00 . Penyuluh Agama Kecamatan Widang Lakukan Gibas Buluh   |   17:00 . Bermodalkan Rp200 Ribu, Pengusaha Kue Ini Beromzet Jutaan   |   13:00 . ORTN BRIN Bersama Anggota DPR RI Bantu Petani Tuban Benih Padi Varietas Inpari Sidenuk   |   12:00 . Bantu Herd Immunity, Wihadi dan Kader Gerindra Tuban Turun Gunung Gelar Vaksinasi   |   09:00 . Jago Bisnis Desain dan Ilustrasi, Pemuda Tuban Diundang ke Wakatobi Ilustrasikan Aset Budaya   |   08:00 . Perempuan Desa Klotok Ini Hasilkan Cuan dari Merajut   |   07:00 . Bermain di Masa Pandemi Jadi Kebutuhan Dasar Anak yang Harus Terpenuhi   |   21:00 . Gemar Buat Kue, Kini Fudgy Brownies Dapur Aga Hadir Di Tuban   |   20:00 . Sate Korea Mr. Baek, Santapan Nikmat Harga Bersahabat   |   18:00 . Baju Bekas Kembali Digemari Jadi Peluang Usaha di Tengah Pandemi   |  
Thu, 21 October 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Meski Hujan, Puluhan Grup Tongklek Tetap Semangat Berlomba

bloktuban.com | Wednesday, 14 June 2017 19:00

Meski Hujan, Puluhan Grup Tongklek Tetap Semangat Berlomba

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hujan gerimis tidak mengurangi kemeriahan festival 'Tongklek' yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kabupaten Tuban, Rabu (14/6/2017) malam. Puluhan peserta dari berbagi daerah di Bumi Wali itu, akan merebutkan piala dan uang pembinaan.

Acara yang sudah berjalan selama 11 tahun tersebut, semakin tahun semakin diminati. Hal itu terbukti dengan penuhnya jalan-jalan yang akan dilalui 50 kelompok atau regu tongklek yang berlangsung usai shalat Tarawih itu.

Dari informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, para pemain musik yang identik digunakan bangunkan orang sahur itu, akan melewati beberapa jalur protokol kota Tuban. Oleh penyelenggara, rute yang diambil panitia tahun ini, pemberangkatan mulai dari alun-alun Tuban.

Kemudian, peserta berjalan menyusuri Jalan (Jl) RM Suryo menuju Jl. Veteran. Setelah itu, peserta belok ke arah barat atau ke Jl. Basuki Rahmad selanjutnya belok ke utara menuju Jalan Pemuda. Peserta akan mengambil finish di kantor PC NU Tuban di Jalan Diponegoro.

"Untuk menjamin keamanan, kita sudah meminta bantuan pengamanan dari jajaran Polsek Tuban Kota dan Polres Tuban," ungkap ketua PC IPNU Kabupaten Tuban, Sitrisno ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Rabu (14/6/2017) malam di alun-alun Tuban.

Selain meminta bantuan Polri, alumni STITMA Tuban itu mengaku juga meminta bantuan pasukan elit Gerakan Pemuda Ansor yang akrab disebut Banser. Ketua PC IPNU Tuban periode 2016-2018 itu, berharap kondisi di lapangan landai-landai saja, tanpa ada halang rintang.

"Selain Polri dan Banser, kita juga dibantu pasukan keamanan Pagar Nusa dan CBP IPNU Tuban," kata pelajar NU asal Widang Tuban itu.

Sementara, ketua DPRD Kabupaten Tuban, Miyadi dalam sambutannya menyatakan dukungan atas terselenggaranya festival yang merebutkan uang pembinaan, tropi, dan piala IPNU-IPPNU bergilir. Selain itu, politisi PKB berharap dapat melestrikan budaya tongklek.

"Mudah-mudahan acara berjalan lancar tanpa halangan sesuatu apapun," harap wakil rakyat itu dalam sambutannya, sebelum pemberangkatan.

Berdasarkan info yang diterima blokTuban.com dari dewan penyelenggara, Juara I akan meraih Piala bergilir dan uang pembinaan Rp2 juta. Sementara juara II akan menapat tropi dan uang pembinaan Rp1,5 juta. Sedangkan untuk juara III akan mendapat uang pembinaan Rp1 juta dan tropi. [rof/col]

Tag : tongklek, group, polsek



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more