BlokMedia Group MoU dengan Kumparan
Reporter: Parto Sasmito
 
blokBojonegoro.com - Bersamaan acara Ngabuburit dengan kumparan dengan tema "Jurnalisme kolaboratif", dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau kontrak kerjasama antara Kumparan.com dengan media siber di Jawa Timur (Jatim), termasuk blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com).
 
Dalam perjanjian tersebut, salah satunya adalah media online mengirimkan 200 berita dalam 1 bulan atau rata-rata 7 berita per hari di halaman kumparan.com. Jumlah tersebut sangat bisa dipenuhi oleh bB ataupun bT. Karena, rata-rata dalam sehari rata-rata sudah 20 berita diproduksi bB dan jumlah serupa juga dibuat bT. 
 
"Bisa melalui upload manual maupun melalui sistem RSS," kata pemimpin redaksi Kumparan.com, Arifin Asydhad.
 
Tentunya, nanti berita yang naik, melalui sistem dan juga editor dari pihak Kumparan, guna menghindari berita hoax dan sama dengan media lain.
 
"Perlu diingat, melalui kumparan bukan berarti meningkatkan view langsung website publisher, meskipun kami tetap mencantumkan sumbernya," imbuhnya. 
 
Sementara itu CEO blokMedia Group, Muhammad A. Qohhar mengapresiasi kerjasama dengan kumparan. Sebab, media daerah juga perlu memperluas jaringan di skala nasional. Apalagi, di skala lokal bB dan bT sudah bisa menjadi rujukan informasi terpercaya.
 
"Kita selama ini juga konsen untuk melawan berita hoax. Sehingga secara identitas sudah selaras dengan kumparan," tambah Mas Koko, sapaan akrab Magister Komunikasi lulusan UNITOMO Surabaya tersebut. [ito/lis]