Harga Ikan Berangsur Naik Saat Ramadan​

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sejumlah jenis ikan laut segar mengalami kenaikan harga saat Ramadan. Kenaikan berkisar antara 5 ribu hingga 25 ribu per kilogramnya. Seperti yang terjadi di Pasar Ikan, Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban misalnya.

Untuk harga ikan tongkol sebelum puasa harganya 25 Ribu, kini menjadi 30 ribu. Untuk Ikan Kakap atau Putihan sebelumnya 20 ribu, kini 25 ribu. Sementara untuk Cumi dan udang laut sebelumnya 40 ribu kini menjadi 50 ribu. Sedangkan untuk Rajungan, sebelumnya 50 ribu kini harganya 75 Ribu. Kenaikan harga tersebut diakui oleh pedagang sudah terjadi saat memasuki hari pertama menjalankan Ibadah puasa.

Seorang pedagang ikan, Muayadah (50) mengatakan, harga ikan mengalami kenaikan saat masuk hari pertama ibadah puasa. Kenaikan harga tersebut menurutnya tidak signifikan, masih dalam batas kewajaran.

"Kalau naiknya berkisar 5- 25 ribu itu wajar, tergantung ikannya juga," terang perempuan yang sudah empat tahun berjualan ikan.

Hal sama juga diungkapkan pedagang lain, bahwa setiap memasuki puasa memang kenaikan harga itu kerap terjadi, termasuk harga ikan. Namun ikan yang dijual disini masih dalam kondisi segar, sehingga pembeli bisa puas dengan ikan yang didapat.

"Kalau naiknya tidak seberapa dan ikan yang didapat masih segar saya kira pedagang tidak masalah," pungkas Nurul [nok/ito]