Ramadan, Untung Pedagang Blewah Meningkat Signifikan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Ramadan merupakan bulan berkah bagi para pedagang. Tak terkecuali pedagang blewah.

Para pedagang blewah di sepanjang Jalan Raya Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, meraup untung berlimpah karena Penjualan blewah yang meningkat.

Seorang pedagang, Sri Rezeki mengatakan, untuk penjualan blewah saat puasa ini memang mengalami peningkatan. Jika sebelumnya menjual 50 buah saja sulit, maka berbeda saat bulan Ramadan.

"Saat ini penjualan bisa mencapai 100 buah, bahkan bisa lebih. Tentu mendapat untung lebih," ujarnya​ kepada blokTuban.com, Minggu (4/6/2017)

Sri sapaan akrabnya menjelaskan, dengan penjualan sampai 100 bahkan lebih itu jika dikalkulasikan berdasarkan berat, maka bisa sampai 200 kuintal terjual setiap harinya. Sebab, 1 buah blewah ada yang beratnya sampai 2 kilogram bahkan bisa lebih.

"Bisa sampai 200 kuintal blewah terjual setiap harinya saat puasa. Alhamdulillah meningkat penjualannya," ungkap perempuan yang menjual blewah bersama keluarganya tersebut.

Sementara itu, pedagang lain juga mengatakan hal senada. Penjualan blewah saat puasa memang laris manis. Karena biasanya buah blewah ini digunakan untuk sajian menu buka puasa.

"Blewah bisa dibuat untuk es ataupun dimakan sesuai dengan selera penikmat masing-masing. Yang jelas untuk penjualan saat puasa meningkat dan untungnya juga lebih," pungkas Rusmaji.

Untuk harga blewah sendiri, per kilogramnya​ bisa sampai Rp5.000-6.000 tergantung dengan kondisi blewah. Sedangkan untuk blewah Golden harganya Rp10.000 per kilogramnya.[nok/col]