15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |   12:00 . Lepas Sambut Dandim 0811 Tuban, Bupati Halindra Ungkap Kenangan Manis Bersama Viliala Romadhon   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

GMNI Peringati Hari Lahir Pancasila di Monumen Adpada Pancasila

bloktuban.com | Friday, 02 June 2017 14:00

GMNI Peringati Hari Lahir Pancasila di Monumen Adpada Pancasila

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Tuban, menggelar peringatan hari lahir Pancasila di Monumen Adpada Pancasila, yang berada di Jalan RE. Marthadinata Tuban.

Dengan membawa lilin dan mengelilingi monumen Pancasila, puluhan mahasiswa tersebut melakukan orasi kebangsaan, baca puisi serta ditutup dengan diskusi mengenang Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Melalui Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2017 tentang penetapan hari lahirnya Pancasila. "Ini bukan pertama kalinya kita melakukan peringatan hari Pancasila, namun kita sebagai warga negara indonesia telah mengakui bahwa Pancasila lahir pada 1 Juni," terang Ketua DPC GMNI Tuban, Nabrisi Rohid.

Dijelaskannya, Pancasila sebagai hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945, yang dipidatokan oleh Ir. Soekarno pada sidang BPUPKI sebagai embrio lahirnya Pancasila. Dari pidato Soekarno tersebut dirumuskan Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Masih kata Ketua DPC GMNI Tuban, Pancasila sebagai dasar negara indonesia sudah bersifat final, maka sudah selayaknya generasi bangsa ikut mengawal dan mengimplementasikan pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katanya.

Nabrisi Rohid menambahkan, GMNI selalu siap menjadi pengawal Pancasila, serta siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). GMNI juga harus menjadi garda terdepan terhadap organisasi-organisasi yang berpaham radikalisme yang mengancam Pancasila dan NKRI.

“Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila kita dapat hidup rukun antar sesama manusia. bergotong royong sebagai bentuk dari intisari Pancasila,” pungkasnya. [hud/rom]

Tag : peringatan hari pancasila, pancasila



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more