LMND Tuban Diskusi Pentingnya Pancasila

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Tuban menggelar diskusi publik dalam rangka  memperingati Hari Lahirnya Pancasila, Kamis (1/6/2017).

Kegiatan yang bersamaan dengan penempatan sekertariat baru di Jalan Pahlawan No 23 Tuban tersebut tidak melewatkan momentum bersejarah ini. Seperti sebelumnya, secara resmi pertama kali telah dilaksanakan upacara nasional di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat pagi tadi.

"Tujuan kita melakukan diskusi publik ini untuk refleksi bagaimana pentingnya pancasila di tengah era globalisasi masa kini," kata Ketua KPW PRD Jatim, Hermawan.

Selain itu, lanjutnya diskusi menyoal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia ini diharapkan dapat membendung imperialisme yang terus menggerogoti bangsa. Melihat situasi bangsa dewasa ini masih terseyok seyok dalam pengamalan pancasila di tengah masyarakat prulal Indonesia.

"Pancasila yang digagas Soekarno yang digali dari jiwa masyarakat Indonesia semoga bisa diamalkan oleh seluruh spektrum masyarakat indonesia dan pemerintahan," tuturnya.

Sekitar 40 aktivis muda LMND terlibat dalam diskusi ini. Selain itu masyarakat sekitar sekretariat baru ini turut dilibatkan dalam diskusi publik.

"Insya Allah kegiatan serupa akan terus kami laksanakan karena pancasila merupakan pondasi dan counter attack dari keberadaan neoliberalisme," pungkasnya. [dwi/col]