HUT PGRI, Guru Harus Berdaya Saing Global

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ratusan guru di Kecamatan Jatirogo mengikuti apel dan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) di halaman pendopo Kecamatan Jatirogo, Jumat (25/11/2016).

Dalam kesempatan itu, dari siswa-siswi tingkat SMP berpartisipasi dengan menampilkan seni barong dan tari jaranan khas Jawa Timur.

"Berbagai rangkaian sudah dilakukan oleh anggota PGRI cabang Jatirogo dan puncaknya apel hari ini," ujar kepala cabang PGRI Jatirogo, Dadija Oetomo kepada blokTuban.com, Jum'at, (25/11/2016).

Dalam pelaksanaan kegiatan HUT ke-71 PGRI, kata pria yang kerap disapa Dadija menjelaskan, serangkaian kegiatan yang digelar di antaranya tasyakuran, kemudian apel di tingkat Kabupaten dan Provinsi.

Di usia yang lebih dari setengah abad ini, PGRI Jatirogo berkomitmen untuk selalu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) guru. Menurut Dadija, di era modern ini guru harus mampu berdaya saing global, karena tuntutan kedepan guru lebih berat.

"Untuk meningkatkan kompetensi guru, PGRI Jatirogo melakukan diskusi dan kajian setiap minggu," terang guru di SMP 2 Jatirogo itu.

Perlu diketahui, Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) telah dilaksanakan sejak 1994. Hal itu sesuai Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 tentang Penetapan Hari Guru Nasional tanggal 25 November 1994 sama dengan hari lahir PGRI. Sehingga pemerintah bersama PGRI melakukan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) sekaligus HUT PGRI secara bersama-sama. [rof/ito]