Penemuan Prasasti di Prunggahan Wetan Diduga Peninggalan Era Airlangga

 

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dari hasil proses identifikasi yang dilakukan, prasasti yang ditemukan di Dusun Banaran, Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding diduga peninggalan era Kerajaan Airlangga.

Salah seorang tim identifikasi dari Komunitas Tapak Jejak Kerajaan di Sidoarjo dan Jawa Timur, Sudi mengatakan, pada prasasti tersebut ditemukan tulisan Jawa Kuno atau Jawa Kawi. Informasi yang dihimpun dari ahli epigrafi atau disiplin ilmu cabang aerkeologi yang meneliti benda kuno bertulis, kuat dugaan merupakan huruf peninggalan era Kerajaan Airlangga atau sesudahnya.

Bahkan, lanjut Sudi, di sekitar lokasi penemuan masih benyak ditemukan jejak peninggalan benda kuno dari masa Airlangga. Kemungkinan besar, temuan tersebut baru bisa mendeteksi aksara saja, untuk menangkap isi tulisan susah lantaran sedemikian aus meski tampak.

"Terbaca tidak seratus persen, (tulisan, red) banyak yangg aus," kata Sudi, Senin (17/10/2016).

Sementara itu, Tim Identifikasi dari Ronggolawe Creative Center, Khamim yang juga aktif dalam pengumpulan sejarah penemuan, prasasti tersebut berukuran panjang 222 x 90 centimeter. Jenis batuan yang dijadikan prasasti berupa batu kapur padat.

"Kemungkinan besar (prasasti, red) sebalum era Majapahit," ujarnya.[dwi/col]