Tari Jaranan Kuda Kepang Ramaikan Sedekah Bumi Montongsekar

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sedekah bumi merupakan salah satu tradisi turun-temurun yang masih dilestarikan oleh berbagai masyarakat. Pada umumnya sedekah bumi (manganan) digelar setiap tahun, serta agenda tahunan tersebut sering kali diisi dengan berbagai rangkaian acara menarik.

Seperti halnya sedekah bumi yang digelar oleh warga Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Rabu (12/10/2016). Di
desa tersebut sedekah bumi digelar di Sendang Kalangan desa setempat setiap tahun, tepatnya di bulan Suro (Muharam).

Beberapa tahun ini sedekah bumi di desa tersebut diisi dengan berbagai macam rangkaian kegiatan atau hiburan, dimulai dari bersih-bersih sendang yang dilakukan oleh warga setempat, Tari Jaranan Kepang yang dimainkan oleh warga Montongsekar, dan tayub baru kemudian dilanjutkan dengan tumpengan.

"Sedekah bumi ini, kami tampilkan hiburan Tari Jaranan Kuda Kepang Turonggo Manggolo Putro, pemainnya asli dari warga Montongsekar," kata Wantoyo salah satu perangkat desa.

Hiburan ini digelar saat sedekah bumi di Sendang Kalangan, hal ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat, bahwa Desa Montongsekar mempunyai ikon wisata alam sendang Kalangan.

"Di samping itu kami juga mengenalkan bahwa di Desa Montongsekar ini ada juga terdapat berbagai macam kesenian, salah satunya ialah Tari Jaranan Kuda Kepang,"  imbuhnya.

Terpisah, pemimpin kesenian Tari Jaranan Kuda Kepang, Sutaji mengatakan, sebelum menampilkan beberapa atraksi jaranan, sebelumnya para penari sudah latihan.

"Latihan rutin telah kami lakukan, sehingga peserta jaranan mulai dari siswa Sekolah Dasar (SD) sampai SMA ini dapat menghibur masyarakat dengan maksimal. Dalam satu minggu kami latihan rutin dua kali agar saat tampil para anggota bisa kompak," tambah Sutaji.[hud/col]