BNN Sosialisasi Narkoba ke Mahasiswa Poltana Mapena Tuban

Reporter: Retna Dewi Lestari

blokTuban.com - Pengguna Narkoba didominasi oleh kalangan generasi muda. Oleh karena itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Poltana (Politeknik dan Peternakan) Mapena Tuban mengadakan sosialisasi sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan mahasiswa. Kalangan mahasiswa merupakan salah satu sasaran yang mudah bagi para pengendar dan bandar narkoba. Poltana Mapena Tuban secara tegas mendukung kegiatan BNN provinsi dalam memberantas dan mencegah penyalahgunaan narkoba.

Kepala BNN melalui penyuluh ahli muda BNN, Nurhani,AMK mengungkapkan bahaya Narkoba sudah menyerang berbagai kalangan. "Pengguna Narkoba sebagian besar adalah usia produktif yaitu 20-34 tahun, dan sekitar 22% merupakan mahasiswa yang mengalami penyalahgunaan narkoba, oleh karena itu pentingnya dilakukan sosialisasi penyalahgunaan narkoba di kalangan mahasiswa," katanya Sabtu, (8/10/2016) di kampus Poltana Mapena Tuban.

Disamping itu, Hani sapaan akrabnyamenegaskan pula, bahwa Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan tingkat penyalahgunaan narkoba nomor 2 di Indonesia, setelah provinsi Jawa Barat. Hal inilah yang menjadi warning bagi masyarakat khususnya masyarakat Jawa Timur untuk sama-sama memberantas penyalahgunaan narkoba sejak dini dan di semua kalangan. Kemudian Hani menjelaskan juga, untuk Kabupaten Tuban menurut data dari BNN Provinsi Jawa Timur, penyalahgunaan narkoba paling banyak adalah jenis karnopen yang berbentuk pil dan kebanyakan dicampur dengan minuman beralkohol.

"Dengan kerjasama antara BNN dengan kampus Poltana Mapena ini diharapkan membangun kesadaran mahasiswa dalam memerangi bahaya narkoba yang penyalahgunaannya semakin marak di Jawa Timur," jelasnya. Memberantas narkoba tak hanya menjadi tugas BNN, tapi seluruh lapisan masyarakat harus ikut memabantu memberantas dan bahaya narkoba adalah tugas kita bersama. [rom]