Tanaman Jagung Petani Manjung Diserang Belalang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tanaman jagung di Desa Manjung, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban terserang oleh hama belalang sejak tiga minggu terakhir. Salah seorang petani jagung Muzi (39) mengaku, saat ini jagung miliknya yang mulai tumbuh tongkol jagungnya diserang hama belalang sampai daunya habis.

"Jagung tidak bisa berkembang dengan maksimal dan tidak terisi penuh (Mentes)," kata petani Desa Manjung itu kepada blokTuban.com, Minggu (24/1/2016).

Sudah hampir tiga minggu ini hama jagung meresahkan para petani. Mereka juga telah mencoba menyemprotkan pestisida namun tidak mampu mengusir hama belalang.

Petani yang lain Simo (45) mengatakan, bukan hanya tanaman jagung yang diserang belalang, namun pohon mangga, nangka yang berada di dekat tanaman jagung daunnya juga habis.

"Kebanyakan jagung yang diserang hama belalang berada di dekat hutan jati (persil)," ujarnya saat berada di ladang jagung.

Setelah petani menyemprotkan obat dan tidak mampu untuk mengusir hama belalang para petani hanya bisa pasrah. [hud/lcol]