Potong Jalan, Penumpang Xenia Tewas di Pantura

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Kecelakaan maut kembali terjadi di jalur Pantura, tepatnya kilometer 14-15 jalan Tuban-Semarang, turut Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jumat sore (22/1/2016).

Insiden tersebut melibatkan tiga kendaraan sekaligus, yakni mobil Xenia Nopol H 8552 KE, yang dikemudikan Kisyanto, warga Demak dan berpenumpang M Awal Amazone (53), asal Semarang. Kemudian truk tangki Pertamina dengan Nopol L 9995 UG yang dikemudikan Irman (45), dan juga truk barang Nopol L 8691 UQ yang dikemduikan Agus Setiawan (35), asal Kediri.

Akibat kecelakaan ini, M Awal Amazone, yang tak lain adalah penumpang mobil Xenia meninggal dunia di lokasi kejadian, sementara sang sopir mengalami luka-luka.

Kejadian bermula, ketika mobil Xenia melintas dari arah Surabaya menuju ke wilayah Semarang (timur ke barat). Setiba di lokasi kejadian, Xenia tersebut berusaha menyalip kendaraan truk tangki Pertamina dengan mengambil lajur kiri.

Setelah menyalip, mobil Xenia berusaha memotong jalan tepat di depan truk tangki untuk mengambil jalur tengah. Apa daya, perkiraan sang sopir meleset sehingga bagian belakang mobil menyentuh bagian depan truk tangki.

"Saat itu saya jalan sekitar 40 kilometer perjam. Setelah gagal motong jalan, mobil Xenia itu membentur bagian depan kendaraan dan terpelanting ke tengah jalan," kata sopir truk tangki, Irkam, di lokasi kejadian.

Nahas, dari arah yang berlawanan (arah barat) muncul truk barang dari Rembang. Benturan keras dua kendaraan ini tidak terelakkan.

"Kejadiannya sangat cepat, tiba-tiba di depan ada mobil Xenia, dan saya tidak sempat injak rem," terang pengemudi truk barang, Agus, di lokasi yang sama.

Kecelakaan sempat membuat macet jalur nasional tersebut. Beruntung, petugas kepolisian langsung melakukan evakuasi, sehingga arus lalu lintas bisa cepat kembali normal.

"Kita masih melakukan penyelidikan kasus ini, untuk korban satu meninggal dunia dan satu lagi sekarang mendapat perawatan di rumah sakit," terang Kepala Unit (Kanit) Laka Satlantas Polres Tuban, Iptu Nungki Sembodo. [pur/rom]