Peringati Hari AIDS Sedunia, Curhat Remaja Ronggolawe Bagikan Bunga

Pengirim: Kak Boy

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) sedunia, Pusat Informasi dan Konsultasi (PIK) Remaja / Mahasiswa "Curhat Remaja Ronggolawe" membagikan bunga, pamflet, dan stiker, Selasa (1/12/2015).

Ketua Pelaksana, Khoirul Fery Anggara mengatakan, pembagian bunga diberikan kepada pengunjung Gedung Olah Raga (GOR) Rangga Jaya Anoraga, para remaja serta  pengguna jalan yang melintas di Jalan Sunan Kalijogo dan seputaran Patung Tuban.

"Kami sengaja membagikan bunga untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam mencegah penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) /AIDS," ungkapnya.

Selain membagikan bunga, kelompok yang bernaung di bawah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tuban ini juga memberikan informasi mengendai hari AIDS sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember.

"GOR Rangga Jaya  Anoraga sengaja dipilih sebagai pusat aksi, karena tempat nongkrong  para remaja. Sasarannya memang kepada remaja , yang mana masalah HIV/AIDs di Indonesia didominasi usia produktif," papar Fery.

Dari data Tuban Dalam Angka Tahun 2014, di Kabupaten Tuban sendiri perkembangan HIV/AIDS semakin  bertambah setiap tahunnya. Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Tahun 2013 hingga  2014, total penderita HIV mencapai 103 orang sedangkan penderita AIDS mencapai 16 orang.

Untuk diketahui, HIV adalah virus yang menyebabkan infeksi, sedangkan AIDS adalah kondisi atau sindrom. Terinfeksi HIV, bisa membuat seseorang mengalami AIDS.

"Dari kegiatan ini, diharapkan setidaknya dapat mengetahui dan memahami dalam rangka mencegah penularan virus mematikan ini. Setidaknya dapat menekan peningkatan penderita HIV/AIDS," tegas Fery. [ito]