KPU Sosialisasi Pilkada di Lapas Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan sosialisasi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Tuban pada Selasa (17/11/2015). Sosialisasi dilangsungkan di Aula Lembaga Permasyarakatan (lapas) yang berlokasi di Jalan Veteran Nomor 1 Tuban.

Menurut Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi, Yayuk Dwi A. sosialisasi yang dihadiri oleh 328 WBP kali ini dilakukan dengan tujuan memberikan informasi terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember mendatang kepada segenap WBP.

“Bagaimana nanti warga binaan Lapas ini bisa menggunakan hak pilih seperti masyarakat lain,” kata Yayuk sapaan akrabnya.

Dari apa yang telah disampaikan dalam sosialisasi, Yayuk berharap peserta sosialisasi paham teknis Pilkada sehingga idak mengalami permasalahan berarti, seperti  terdapat suara yang tidak sah.

Sosialisasi yang diselenggarakan oleh KPU tersebut sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2015 tentang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan / atau Walikota dan Wakil walikota. Karena semua lapisan masyarakat berhak dan perlu sosialisasi terkait Pilkada.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Subbagian (Kasubbag) Tata Usaha (TU) Lapas, Wahyudi S. mengatakan sosialisasi berlangsung cukup efektif dan kondusif. “Harapannya dalam pelaksanaan Pilkada nanti semoga pemungutan suara berjalan aman dan lacar,” ujarnya. [dwi/col]