Skip to main content

Category : Ekonomi & Migas


Perbandingan Jagung Singa dan Sableng Ala Petani Perbukitan

Komoditas bibit tanaman jagung yang banyak dipakai masyarakat petani sekitar perbukitan Rengit, mulai dari Desa Ngrejeng, Ngarum, Banyubang dan Desa/Kecamatan Grabagan, ialah varietas P32 Singa dan NK 212 atau sering disebut dengan bibit Sableng.

Ditarget Rp492 Juta, DBH Migas Terealisasi Rp2,5 M

Pada 2018 Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mendapat Dana Bagi Hasil (DBH) Minyak dan Gas Bumi (Migas) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI sebesar Rp2.553.938.475 atau 518.99% dari target Rp492.100.000. Perolehan fantastis ini merata di kabupaten/kota se-Jatim, karena ada peningkatan produksi Migas di Kabupaten Bojonegoro.

DBH Migas Tuban Tembus 232,32 Persen

Pemerintah Kabupaten Tuban mencatat menerima Dana Bagi Hasil (DBH) minyak bumi di tahun 2018 sebesar 232,32 persen atau Rp61.665.237.652 (Rp61 miliar). Penerimaan tersebut tercatat terbesar atau paling banyak sejak 2016 lalu.

Merakurak Kuwalahan Layani Permintaan Ikan

Belakangan ini Kecamatan Merakurak mengaku kuwalahan melayani permintaan ikan dari masyarakat sekitar. Untuk mempercepat pembesaran dan market, kecamatan bekerjasama dengan Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban dalam hal pembenihan.

Tunggu 4 Bulan Kering, Petani Jagung Ini Baru Panen

Usaha pengolahan lahan jagung disekitar perbukitan Rengit, Desa Ngrejeng, Kecamatan Grabagan, agaknya memiliki pola panen yang berbeda dari wilayah lain. Pasalnya, dibutuhkan waktu sekitar 4 bulan untuk bisa benar-benar merasakan jarih payah olah lahan tersebut.

PDRB Kabupaten Tuban Capai Rp56,5 Triliun

Kabupaten Tuban dengan luas 1.839,94 kilometer (Km) persegi dengan panjang bibir pantai 65 Km, dan jumlah penduduk 1,158 juta jiwa memiliki PDRB atas dasar harga berlaku sebesar Rp56,5 triliun. Sedangkan dari harga konstan sebesar Rp41 triliun tahun 2017.

Awal Kilang Minyak Tuban, PDRB Sektor Kontruksi Diprediksi Terkerek

Ketika industri pengolahan minyak berdiri di Kecamatan Jenu, otomatis Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Tuban akan naik signifikan. Seperti diketahui pada tahun tertentu di Tuban ada pertumbuhan signifikan setelah operasinya industri semen.

Tiga Lapangan Usaha Ini Dominasi Ekonomi di Merakurak

Struktur ekonomi di Merakurak didominasi oleh tiga lapangan usaha, yaitu kategori pertambangan dan penggalian, pertanian, kehutanan dan perikanan, serta kategori kontruksi. Ketiganya menyumbang kontribusi sebesar 67,90 persen pada tahun 2017.

Kelengkeng Sugihan Tuban, Daging Tebal, Rasa Manis

Warga Desa Sugihan, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, bersiap memperkenalkan salah satu produk pertanian andalan. Buah klengkeng varietas Kateki, yang dibudidayakan petani setempat sejak dua tahun terakhir mulai membuahkan hasil,