Warung Pak Rasdam: Pilihan Kuliner Pedas di Tuban dengan Sambal Korek Andalan

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Warung Pak Rasdam, yang terletak di Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, menjadi salah satu destinasi kuliner yang cukup populer di daerah tersebut. Warung ini mendapatkan rating 4,3 bintang di Google, dengan banyak ulasan dari pengunjung yang membagikan pengalaman mereka, Rabu (9/10/2024). 

Menurut Wahyu Alfa, seorang local guide, masakan di Warung Pak Rasdam sangat enak, terutama sambalnya yang pedas dan khas. Namun, ia menyebutkan bahwa pelayanan dari pemilik warung, khususnya Pak Rasdam, kurang ramah. 

“Bapaknya nggak ramah sama sekali, suka marah-marah. Mending kalau mau beli, dibungkus aja daripada kena marah,” ujarnya dengan nada bercanda.

Sementara itu, Yeni Ika, pengunjung lain, memuji cita rasa masakan yang disajikan, terutama belut rica-rica yang ia pesan dengan harga terjangkau. 

"Rasanya enak banget, harga belut rica-rica 15 ribu, nasi 5 ribu. Cuma minusnya di tempat, kalau ramai, tempat duduknya terbatas," katanya.

Masakan di warung ini juga dinilai enak dan terjangkau oleh Puput Rahayu. Namun, ia juga menyoroti hal serupa mengenai sikap Pak Rasdam. 

“Bapak kurang ramah. Saran aja jangan bawa anak kecil ke sini, daripada disemprot,” tulisnya. 

Puput juga menceritakan pengalaman kurang menyenangkan ketika kehilangan botol minum dan diminta mencarinya di tempat sampah oleh Pak Rasdam. Meski demikian, Puput menambahkan bahwa istri Pak Rasdam yang membantu di dapur dan menerima pesanan justru sangat ramah.

Raden Pamungkas, pengunjung lain, mengungkapkan bahwa meskipun lokasinya agak masuk gang sempit, warung ini tetap ramai pengunjung. Menurutnya, menu seperti belut, lele, dan becek menjadi andalan, ditambah dengan minuman khas Tuban. 

“Tempatnya adem, masakannya lumayan, harga standar,” jelasnya.

Salah satu pengunjung lain, Yudha Asmanto, menyebutkan bahwa warung ini merupakan salah satu kuliner legendaris di Tuban yang sudah berdiri selama lebih dari 25 tahun. Warung Pak Rasdam terkenal dengan masakan bekicot, belut, lele, dan mentog rica serta sambalnya yang pedas dan menggigit. 

"Sambalnya bikin orang minta tolong. Selain itu, mereka menyediakan nasi jagung sebagai pendamping, meskipun nasi putih juga bisa diminta," jelas Yudha.

Namun, Yudha juga mengingatkan bahwa warung ini tidak memiliki parkiran mobil yang memadai. 

“Parkiran mobilnya cuma ada satu, itu pun sempit. Jadi lebih baik datang pakai motor,” sarannya.

Meskipun ada beberapa kritik terkait sikap pemilik warung, Warung Pak Rasdam tetap menjadi salah satu destinasi kuliner yang direkomendasikan di Tuban berkat cita rasa yang khas dan harga yang terjangkau. [Rof/Ali]