Vietnam Menjadi Lawan Indonesia U-16 Setelah Kalah dari Thailand

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Tim U-16 Indonesia harus mengakui keunggulan Australia dengan skor 3-5 pada semifinal Kejuaraan ASEAN U-16 2024 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

Tiga gol Garuda Muda dicetak oleh Muhammad Zahaby Gholy pada menit ke-3 dan 45, serta Josh Holong pada menit ke-90+1. 

Meskipun kalah, perjuangan Putu Panji dan rekan-rekannya patut diapresiasi, terutama karena mereka harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-28 setelah Raihan Sudrajat mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-27.

"Kami tetap mengapresiasi kerja keras dan perjuangan pemain pada laga ini. Meskipun bermain dengan 10 pemain, mereka bisa bermain dengan baik. Mental pemain luar biasa," kata pelatih Indonesia, Nova Arianto, setelah pertandingan.

Nova menambahkan bahwa mengikuti turnamen ini adalah pengalaman yang baik untuk menghadapi kualifikasi Piala AFC U-17 2025 pada bulan Oktober mendatang.

"Saya bilang daya juang pemain saya secara mental sangat luar biasa. Ini pelajaran berharga bagi pemain kami untuk berkembang lebih baik ke depannya," tambahnya.

Sementara itu, gelandang Daniel Alfrido mengatakan bahwa dia dan rekan-rekannya sudah berjuang maksimal. 

Meskipun bermain dengan 10 pemain, mereka masih mampu memberikan perlawanan yang luar biasa.

"Pada laga tadi kami sudah bekerja keras meskipun kalah. Kami masih ada waktu untuk persiapan mengikuti Piala AFC U-17 mendatang dan bertemu Australia lagi, tentunya dengan harapan menang," kata Daniel.

Dengan hasil ini, Indonesia akan melawan Vietnam dalam perebutan tempat ketiga pada Rabu (3/7) mendatang di Stadion Manahan, Solo. Vietnam sebelumnya kalah 1-2 dari Thailand di semifinal. [Dwi/Ali]