Indonesia Dominasi Grup A, Siap Tampil di Semifinal

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal sebagai juara Grup A setelah Tim U-16 mengalahkan Laos dengan skor 6-1 dalam pertandingan terakhir Grup A Kejuaraan ASEAN U-16 Boys 2024 di Stadion Manahan Solo, Kamis (27/6).

Enam gol Indonesia dicetak oleh M Zahaby Gholy pada menit ke-24, gol bunuh diri pemain Laos Laks Sayyavath pada menit ke-30, Josh Holong pada menit ke-37 dan ke-61, Putu Panji pada menit ke-45+2, serta M Mierza pada menit ke-79. Di babak semifinal, Indonesia akan menghadapi runner-up terbaik dari Grup B atau C.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pemain yang sudah berjuang maksimal hari ini. Saya juga bersyukur bahwa sebanyak 23 pemain sudah kami turunkan di turnamen ini," kata pelatih Indonesia, Nova Arianto, seusai pertandingan.

Namun, Nova menyebut bahwa timnya masih memiliki kekurangan dan meminta para pemain tetap fokus.

"Saya sampaikan kepada pemain bahwa ini adalah awal untuk menjadi lebih baik lagi. Saya minta mereka fokus dan melupakan euforia malam ini agar kami bisa tampil maksimal di semifinal," tambahnya.

Pelatih asal Semarang tersebut juga menekankan pentingnya melihat progres setiap pemain.

"Saya meminta pemain untuk selalu fokus di setiap pertandingan. Kami siap menghadapi siapa pun di semifinal, apakah itu Thailand, Australia, Kamboja, Vietnam, atau Myanmar," jelasnya.

"Terkait adaptasi dan kemajuan pemain, secara taktik mereka bisa cepat beradaptasi. Saya bersyukur pemain bisa menjalankan taktik dengan baik sehingga perubahan formasi di tengah pertandingan tidak menjadi masalah dan saya melihat ini sebagai progres positif," imbuh Nova.

Indonesia mengakhiri babak penyisihan grup A dengan poin sempurna, 9 poin, diikuti Laos di peringkat kedua dengan 6 poin. Babak semifinal akan dilaksanakan di Stadion Manahan, Solo pada 1 Juli mendatang.