Proyek Pipa Gas Cisem Dukung Produksi Sumur Sumber Tuban

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Sumur Sumber di Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur akan segera mulai berproduksi setelah PT Pertamina Hulu Energi East Java (PHE TEJ) menyelesaikan tahapan uji kemampuan produksi pada April 2024.

Hal ini disampaikan oleh Senior Manager Relations Regional 4 Subholding Upstream Pertamina, Fitri Erika, dalam Media Gathering Regional Indonesia Timur di Bandung, Jawa Barat, pada Senin, 3 Juni 2024.

Erika menyatakan bahwa saat ini proses produksi sumur gas di Kabupaten Tuban sedang berjalan.

"Prosesnya terus berjalan. Kami sudah melakukan uji kemampuan produksi dan hasilnya sesuai dengan harapan, progresnya baik," katanya.

Erika juga berharap bahwa hasil produksi gas dari sumur di Kabupaten Tuban ini dapat dipasarkan di wilayah Jawa Timur, meskipun Pertamina juga mempertimbangkan potensi komersialisasi ke luar wilayah.

Saat ini, pemerintah juga sedang mengerjakan proyek pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) 1 dan 2 yang dapat mempercepat komersialisasi gas dari Sumur Sumber Tuban.

"Pasarannya membutuhkan pipa yang dibangun hingga ke konsumen," tambah Erika.

Sumur Sumber ini telah dieksploitasi sejak tahun 2023 oleh PHE TEJ. Gas yang dihasilkan akan dibeli oleh PT Sumber Aneka Gas (SAG). Di mana SAG tengah membangun pabrik produksi di sebelah selatan dari Sumur Sumber. 

Sebelum produksi dimulai, PHE TEJ telah melakukan uji kemampuan produksi pada April 2024. Uji kemampuan produksi ini berlangsung selama 12 jam per hari selama 6 hari.

Uji ini dilakukan untuk memastikan bahwa Sumur Sumber mampu memproduksi gas sesuai target yang ditetapkan, yaitu 12 juta kaki kubik standar per hari (MMSCFD) sesuai dengan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG). [Dwi/Ali]