Periode 15-21 April 2024: BMKG Catat 17.898 Sambaran Petir di Jatim

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas II Pasuruan telah merilis laporan mengenai aktivitas sambaran petir di wilayah Jawa Timur selama periode 15-21 April 2024.

Selama satu minggu tersebut, tercatat sebanyak 17.898 sambaran petir yang terjadi di Jawa Timur dan sekitarnya. 

Jenis sambaran tersebut terdiri dari Cloud to Ground positif (CG+) sebanyak 6.676, Cloud to Ground Negatif (CG-) sebanyak 7.985, dan jenis Intra/Inter Cloud sebanyak 3.237.

Dalam grafik kerapatan sambaran petir per Kabupaten/Kota di Jawa Timur, terlihat bahwa Kabupaten Mojokerto merupakan daerah dengan jumlah sambaran petir Cloud to Ground negatif terbanyak.

Stasiun Geofisika Pasuruan juga merekam grafik sambaran petir per jam dan per Kabupaten/Kota selama periode tersebut. 

Grafik tersebut memberikan gambaran tentang distribusi dan intensitas sambaran petir di seluruh wilayah Jawa Timur.

Melalui pemantauan ini, BMKG berusaha memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dalam mengantisipasi dan mengurangi risiko terkait cuaca ekstrem, termasuk sambaran petir. 

Demikian laporan ini disusun oleh Rolly Okrava Hermawan, S.Kom, M.Kom, dan Satrio Happrobo dari Stasiun Geofisika Pasuruan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi BMKG Stasiun Geofisika Kelas II Pasuruan melalui kontak berikut: Jl. Sedap Malam, Mlaten, Pandaan, Pasuruan, Telp: (0343) 63590/636685, Email: stageof,tretes@bmkg.go.id. [Dwi/Ali]