Program 3 Bulanan LTM PCNU Tuban, Halaqah Takmir dan Muharrik Masjid

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Lembaga Takmir Masjid (LTM) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban mengadakan acara Halaqah Takmir dan Muharrik masjid di Masjid KH Hasyim Asy’ari Tuban, pada Senin (01/04). 

Dalam keterangannya, Ketua LTM PCNU Tuban, Gus Abdul A’la, menyatakan bahwa acara ini merupakan bagian dari program 3 bulanan yang mengundang seluruh pengurus LTM MWCNU dan takmir masjid. 

Acara ini difokuskan pada pelaksanaan zakat di masjid menjelang idul fitri. Gus Abdul A’la menekankan pentingnya pengetahuan tentang hukum amil yang sesuai syariat Islam dan aturan pemerintah dalam mengelola zakat. 

Selain itu, KH Ahmad Damanhuri, Ketua PCNU Tuban, menekankan bahwa memakmurkan masjid tidak hanya melibatkan aspek fisik bangunan, tetapi juga dimensi sosial seperti memperhatikan kehidupan masyarakat di sekitar masjid. Zakat, infaq, dan shadaqah dapat dikelola di masjid dan disalurkan kepada lingkungan sekitar untuk memakmurkan lingkungan tersebut. 

Acara ini juga melibatkan pemberian piagam masjid Nahdliyin secara simbolis kepada masjid jami’ Baiturrohman Al Ma’shum Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, serta penyampaian tentang kriteria amil yang ideal sesuai aturan pemerintah oleh PC LAZISNU Tuban. 

Pertemuan ditutup dengan ceramah Ramadhan dari KH Fathul Huda, pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Huda. [Ali/Dwi]