Tuban Pusat Pangan Nasional, Visi 2045

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tuban tahun 2024 di Pendapa Krida Manunggal Tuban, Selasa (26/03).

Penyelenggaraan Musrenbang 2024 bertujuan untuk merumuskan RPJPD Kabupaten Tuban 2025-2045 dan RKPD Kabupaten Tuban tahun 2025. 

Dalam sambutannya, Lindra menyatakan pentingnya penyusunan RPJPD sebagai pondasi pembangunan Tuban untuk 20 tahun ke depan. 

Dokumen RPJPD akan dijadikan dasar untuk merumuskan RPJM daerah setiap 5 tahun dan RKPD daerah setiap tahun. 

Lindra menegaskan komitmen Pemkab Tuban untuk menyelaraskan visi RPJPD Kabupaten Tuban dengan visi RPJPD Pemprov Jatim dan RPJPN. 

"Tujuannya adalah menjadikan Tuban sebagai Pusat Pangan Nasional dan Industri yang Kolaboratif, Inovatif, Maju, Sejahtera, serta Berkelanjutan," imbuhnya. 

Lindra juga menargetkan penurunan tingkat kemiskinan, peningkatan PDRB per kapita, dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia hingga tahun 2045. 

Lindra menyoroti tren positif pertumbuhan ekonomi Tuban sebagai indikasi bahwa program pemerataan pembangunan berjalan sesuai rencana. 

"Perlu diingat bonus demografi yang bisa menjadi peluang atau tantangan tergantung pada pengelolaan SDM dan lingkungan," jelasnya. 

Lindra berharap Musrenbang ini menjadi wadah untuk menyampaikan gagasan pembangunan dan membahas kebijakan pembangunan Tuban hingga tahun 2045 dengan sumbangsih masyarakat yang diharapkan dapat mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan. [Ali/Dwi]