Gudang Pengering Jagung di Jatirogo Tuban Terbakar, Pemilik Rugi Belasan Juta

Reporter : Muhammad Nurkholis 

bloktuban.com - Sebuah mesin pengering jagung di Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban mengalami kebakaran akibat korsleting, Selasa (26/3/2024).

Diketahui Kejadian ini terjadi di gudang jagung CV. Sumber Baru Sejahtera Jalan Raya Bulu Desa Besowo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, sekitar pukul 07.09 WIB.

Menurut Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Damkar Kabupaten Tuban, Sutaji mengatakan kalau petugas Damkar dari pos Jatirogo, mendapatkan laporan dari pemilik bahwa telah terjadi kebakaran di gudang jagung miliknya.

Mendapatkan laporan tersebut, petugas lantas mendatangi lokasi kejadian dengan membawa satu unit mobil kebakaran petugas tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 07.15 WIB. 

“Kita datang dengan membawa 1 unit mobil damkar untuk memadamkan kebakaran mesin pengering jagung,” ujar Sutaji.

Dengan datang membawa lima personil Damkar, petugas langsung melakukan upaya pemadaman mesin pengering jagung dengan cara terlebih dahulu menguras jagung yang berada di dalam mesin pengering tersebut. 

Kemudian baru dilakukan upaya pemadaman dan hasilnya pada pukul 08.10 WIB api pokok berhasil dipadamkan.

“Sekitar 1 jam-an kita melakukan upaya pemadaman namun sebelum melakukan upaya pemadaman kita terlebih dahulu melakukan pengurasan jagung,” imbuhnya. 

Mantan Camat Bancar ini juga membeberkan jika diduga penyebab dari kebakaran ini karena adanya korsleting trafo mesin pengering jagung.

Beruntung dari kejadian ini tidak ada korban jiwa namun ditaksir kerugian material yang dialami pemilik gudang mencapai Rp15 juta.

“Kebakaran ini diduga karena adanya korsleting trafo mesin pengering jagung dan akibatnya kerugian material ditaksir mencapai Rp15 juta,” pungkasnya.

[Nur/Ali]