RS Muhammadiyah Tuban Mendirikan Tenda Darurat Pasca Gempa 6.5 SR

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Guna mengantisipasi adanya gempa susulan terjadi di Kabupaten Tuban, Rumah Sakit (RS) Muhammadiyah Tuban, mendirikan tenda darurat di halaman RS setempat. Hal itu dilakukan pasca gempa Magnitudo 6.5 SR mengguncang timur Laut Tuban kemarin. 

Kepada blokTuban.com, perawat IGD RS Muhammadiyah Tuban, David Ragil menjelaskan jika pendirian tenda tersebut, dilakukan dengan tujuan sebagai tempat untuk evakuasi pasien, apabila terjadi gempa susulan sewaktu-waktu. 

"Yang tenda dari rumah sakit sendiri sudah kami pasang tadi malam, sesuai dengan instruksi dari Direktur Rumah Sakit," jelasnya saat ditemui, Sabtu (23/3/2024). 

Selain tenda dari rumah sakit, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, juga turut mendirikan satu tenda darurat di halaman rumah sakit. Sehingga, total tenda yang dibangun yaitu sebanyak 3 unit. 

[BACA JUGA] : BMKG Catat 168 Gempa Susulan, Warga Tuban Diminta Tetap Tenang

Dari tiga tenda darurat yang dibangun tersebut, lanjut David sapaan akrabnya, masing-masing tenda kurang lebih dapat menampung sebanyak 10 pasien. 

"RS Muhammadiyah saat ini baru bisa mendirikan 3 unit tenda karena keterbatasan lahan," benernya. 

Lebih lanjut, sebelum memasang tenda darurat tersebut, para pasien yang dirawat dievakuasi oleh petugas di lantai bawah dengan ruangan UGD dan ruang rawat inap lantai bawah sampai kondisi dirasa sudah aman. 

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kejadian serupa tidak terulang kembali, maka pihak rumah sakit mendirikan tenda darurat dan terus memantau perkembangan gempa bumi. [Sav/Ali]