Update Gempa Tuban: Kerugian Rp22,5 Juta Terjadi di 16 Titik

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kerugian akibat gempa bumi di Kabupaten Tuban telah dihitung sementara mencapai Rp22,5 juta. Hal ini dirilis Pusdalops BPBD Kabupaten Tuban pukul 21.40 Wib terkait update kejadian gempa bumi yang terjadi sejak siang tadi, Jumat (22/3/2024). 

Gempa hingga puluhan kali di Laut Utara Jawa tersebut, lanjut Pusdalops terasa di 20 kecamatan Kabupaten Tuban. Tercatat ada 16 titik yang terdampak gempa tersebut. 

Selain rumah dan tempat ibadah rusak, beberapa rumah sakit sudah melakukan protokol evakuasi evakuasi darurat untuk memastikan semua aman. 

Jika dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi di Tuban merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di Laut Jawa. 

Baca Juga: Gempa Susulan 6,5 SR Terasa di Tuban, BMKG: Peristiwa Luar Biasa di Daerah Kegempaan Rendah

BMKG menganalisis bahwa gempa di Kabupaten Tuban mekanismenya geser. Dampak dari gempa ini getarannya dirasakan oleh semua penduduk Tuban. Di Bawean terasa bagi warga di dalam rumah. 

Lalu, daerah Jepara, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, Semarang, dan Yogyakarta getaran yang dirasakan nyata dalam rumah seperti ada kendaraan besar truk melintas. 

Kalaksa BPBD Tuban, Sudarmaji langsung memberikan bantuan kepada warga terdampak gempa. Sekaligus menginventarisir dampak kerugian akibat bencana. 

Informasi saat ini beberapa bangunan terdampak di Tuban antara lain :

1. Bangunan rumah roboh di Desa Glagahsari, Kecamatan Soko milik Sulaimi dan tidak ada korban jiwa dengan estimasi kerugian Rp10 juta. 

2. Kantor Desa Dagangan lama di Kecamatan Parengan ambruk. 

3. Rumah HJ. Dartuk di Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel yang mana dinding dan keramik rumah rontok dengan estimasi kerugian Rp1 juta. 

4. Rumah Sakit Nahdlatul Ulama untuk mencegah dampak management mengevakuasi seluruh pasien rawat inap dan pasien rawat jalan untuk di lakukan protokol kesehatan darurat. 

5. Klenteng Kwan Sing Bio Tuban beberapa genteng dan atap rusak. 

6. Gubug bambu kecil milik Winarlin roboh di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding ditaksir kerugian Rp3 juta. 

7. Rumah Darmuji di Desa Boncong, Kecamatan Bancar doyong namun tidak roboh. 

8. Tembok rumah milik Ratmin Desa Lajolor Kecamatan Singgahan roboh ditaksir kerugaian Rp5 juta. 

9. RS Medika Mulia belum melakukan protokol evakuasi darurat terhadap pasien dikarenakan tidak ada dampak yang terlalu signifikan, dan tidak ada gedung bertingkat namun kesiapsiagaan dan kewaspadaan semua tim ERT K3RS standby untuk selalu siaga. 

10. RS Muhamadiyah Tuban sudah melakukan protokol evakuasi darurat terhadap pasien dan rencana akan mendirikan tenda darurat di halaman rumah sakit. 

11. RSUD dr R Koesma Tuban belum melakukan protokol evakuasi darurat, namun semua tim ERT K3RS sudah melakukan penyiagaan dan langkah kewaspadaan personil untuk mencegah timbulnya dampak yang signifikan. 

12. Rumah Darmisih dan Sujud di Desa Sumberejo Kecamatan Rengel roboh dan tidak ada korban jiwa. 

13. Desa Palang Kecamatan Palang milik Zaenuri 1 rumah keramik dan atap rumah rusak. 

14. Desa Ngimbang Kecamatan Palang beberapa rumah rusak pasca gempa (masih dalam tahap inventarisir data). 

15. Tembok rumah milik Tikno roboh Desa Lajolor Kecamatan Singgahan taksir kerugian Rp3,5 juta. 

16. Desa Banjararum Kecamatan rengel 1 rumah tembok jebol. [Ali/Dwi]