Tren Kenaikan Harga Beras di Pasar Tuban: Stabilitas Harga Sebelum Ramadan?

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Harga beras di pasaran di berbagai daerah mengalami kenaikan, tak terkecuali di Kabupaten Tuban, Kamis (29/2/2024). 

Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskopumdag) Kabupaten Tuban pun melakukan monitoring harga dan ketersediaan barang pokok penting di sejumlah pasar.

Monitoring di Pasar Montong, Tambakboyo, Kerek dan Jenu dilakukan pada Selasa (27/02). Sedangkan Pasar Parengan, Singgahan, Soko, Rengel, dan Plumpang digelar pada Rabu (27/02).

Keterangan resmi dari Kepala Bidang Perdagangan pada Diskopumdag Tuban Agus Setiawan bahwa tujuan monitoring untuk mengetahui harga dan stok bahan pokok di pasaran, terutama untuk beras. 

Monitoring juga dilakukan dalam rangka stabilisasi harga bahan pokok menjelang bulan suci Ramadan tahun ini. 

Hasilnya, sebagian besar harga beras di Kabupaten Tuban mencapai Rp 16 ribu per kg. 

“Semua setelah kita cek harga beras premium Rp. 16 ribu per kg di semua kios,” ungkapnya. 

Kenaikan harga beras terjadi secara nasional. Dapat disimpulkan arga tersebut merupakan harga eceran nasional. 

Sedangkan soal ketersediaan, Agus menegaskan jika pasokan beras di Kabupaten Tuban aman hingga Lebaran. Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat tidak melakukan panic buying. 

“Biasanya masyarakat cenderung konsumtif saat Ramadan, tapi nggak perlu panic buying lah,” imbaunya.

Stok Bulog untuk Kabupaten Tuban masih diangka 1.340 ton, dengan kebutuhan 940 ton.

Selain beras, hasil monitoring juga menemukan beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan. Seperti di Pasar Montong telor ayam naik dari Rp 29 ribu/kg menjadi Rp 30 ribu/kg.

Di Pasar Kerek, bawang naik dari Rp 20 ribu/kg menjadi Rp. 24 ribu/kg. Daging ayam ras naik Rp. 28 ribu/kg menjadi Rp 30 ribu/kg.