Perjalanan Akhir: Mengantar KH. Mohammad Khozin Bin Kyai Rofi'i ke Peristirahatan Terakhir

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Suasana berbeda nampak terlihat di sekitar lingkungan Pondok Pesantren Langitan sejak pukul 11.00 Wib tadi. Jika biasanya hanya dipenuhi dengan para santri, kali ini di tempat tersebut juga dipenuhi para alumni maupun masyarakat. 

Kedatangan mereka di Ponpes tersebut, tidak lain ingin ikut mengiringi kepergian KH. Mohammad Khozin Bin Kyai Rofi'i yang telah dipanggil untuk menghadap sang Ilahi, pada usianya yang ke-93 tahun. 

Diketahui, KH. Mohammad Khozin Bin Kyai Rofi'i merupakan adik kandung dari Syaikhina KH. Abdullah Faqih, pengasuh Pondok Pesantren Langitan, yang berada di Desa Widang, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. 

Nampak ratusan peziarah dari berbagai daerah, turut mengiringi kepergian beliau ke peristirahatan terakhir, sekitar pukul 13.00 Wib, setelah disalatkan di Pondok Pesantren Darul Ghuroba Langitan. 

Salah satu alumni Pondok Pesantren Langitan, Ainul mengatakan kaget mendengar kabar kepergian almarhum, dan ingin turut mengantarkan beliau ke peristirahatan terakhirnya, Selasa (27/2/2024). 

"Kaget sekali ketika mendengar beliau wafat, selain mendoakan saya juga ingin mengantarkan beliau ke peristirahatan terakhir," tuturnya. 

Agar tidak ketinggalan, lanjut pria yang tinggal di Plumpang tersebut bersama dengan rombongan datang lebih awal dari jadwal pemakaman yang telah dikabarkan. 

Menurutnya, ia sudah berada di tempat itu sejak pukul 11.30 Wib bersama dengan empat teman lainnya. Tujuannya, agar bisa ikut mensalatkan. 

"Awalnya dapat kabar jam 2 pemakamannya, namun ternyata diajukan menjadi jam 1 dan disalatkan habis salat Dzuhur," bebernya. 

Dalam kesempatan itu, ia juga berdoa agar almarhum diterima segala amal ibadahnya selama di dunia oleh Allah SWT dan wafat dalam keadaan yang Husnul Khatimah. [Sav/Ali]