Hukum dan Tradisi Merayakan Isra Mikraj Muslim Indonesia

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad di Indonesia umumnya diperingati oleh umat Muslim dengan berbagai kegiatan keagamaan. Isra Mikraj sebagaimana diketahui merupakan peristiwa perjalanan Rasulullah Muhammad SAW dari Mekah ke Yerusalem dan ke langit ketujuh. 

Tradisi ini biasanya dirayakan pada tanggal 27 Rajab dalam penanggalan Hijriyah. Tahun ini, perayaan Isra Miraj 27 Rajab 1445 H jatuh pada hari Kamis, 8 Februari 2024.

Seperti dikutip dari laman NU Online Syekh Syauqi Ibrahim Allam, salah satu mufti besar Mesir. Ia pernah ditanya perihal hukum merayakan Isra Mikraj pada tanggal 27 Rajab, sebagaimana lumrah terjadi di belahan dunia. 

Kemudian ia menjawab bahwa perayaan tersebut hukumnya sunnah, 
اِحْيَاءُ لَيْلَةِ ذِكْرَى الْاِسْرَاءِ وَالْمِعْرَاجِ بِالْقُرْبَاتِ الْمُخْتَلِفَةِ هُوَ مَرْغُوْبٌ فِيْهِ شَرْعًا، وَفِيْهِ تَعْظِيْمٌ تَكْرِيْمٌ لِلنَّبِي 

Artinya, “Menghidupkan malam dalam rangka memperingati isra mi’raj dengan perbuatan ibadah yang bermacam-macam adalah dianjurkan secara syariat, di dalamnya terdapat bentuk mengagungkan dan memuliakan pada nabi.” (Syekh Dr. Syauki, Darul Ifta al-Mishriyah, nomor fatwa 14336, 05 April 2018).

tradisi Isra Mikraj di Indonesia sejauh ini seringkali ditandai dengan berbagai kegiatan seperti,

1. Sholat malam
Banyak umat Muslim yang melaksanakan sholat malam dan membaca Alquran sebagai bentuk penghormatan terhadap peristiwa Isra Mikraj.

2. Ceramah keagamaan
Pada malam peringatan Isra Mikraj, sering diadakan ceramah agama di masjid-masjid atau tempat-tempat ibadah lainnya. Ceramah ini biasanya membahas tentang makna dan pelajaran yang dapat dipetik dari peristiwa Isra Mikraj.

3. Ziarah ke makam orangtua hingga waliyullah 
Beberapa orang juga melakukan ziarah ke makam para ulama atau tokoh agama pada malam peringatan Isra Mikraj sebagai bentuk penghormatan dan doa.

4. Berbagi makanan
Tradisi berbagi makanan dengan tetangga, saudara, dan orang-orang yang membutuhkan juga umum dilakukan sebagai bentuk kebaikan dan kebersamaan dalam memperingati peristiwa penting dalam agama Islam.

5. Menyelenggarakan pengajian
Banyak komunitas Muslim juga menyelenggarakan pengajian atau majelis ta'lim khusus yang membahas tentang Isra Mikraj pada malam peringatannya.

Perayaan Isra Mikraj dapat berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia, tergantung pada budaya dan tradisi lokal masing-masing.


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS