Jadi Google Doodle, Siapa Sosok Aminah Cendrakasih?

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Google pada Senin (29/1/2024), menampilkan gambar dari sosok aktris kawakan Indonesia, almarhumah Aminah Cendrakasih.

Potret karikatur pemeran Mak Nyak di sinetron "Si Doel" tersebut digambarkan di dalam sebuah televisi lawas, mengenakan tudung kepala khasnya. 

"Doodle ini merayakan Aminah Cendrakasih, aktris ikonik Indonesia yang terkenal karena perannya sebagai Lela dalam serial televisi "Si Doel Anak Sekolahan". Dia muncul di hampir 120 film sepanjang lima dekade kariernya," demikian bunyi keterangan Google.

Diketahui perempuan bernama lengkap Siti Aminah Tjendrakasih adalah pemeran dan model Indonesia. Namanya mulai dikenal setelah membintangi film Serampang 12 dan Asrama Dara.

Sejak 1955 hingga 1989, Aminah telah membintangi sekitar 101 film, baik sebagai pemeran utama maupun pembantu.

Beberapa film terkenal yang dibintanginya antara lain "Benyamin Raja Lenong" (1975), "Gadis Telepon" (1983), dan "Masih Adakah Cinta" (1980).

Namun, karakter yang paling melekat pada publik adalah perannya sebagai Mak Nyak dalam sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" (1994).

Pada usia senjanya Aminah mengidap kelumpuhan akibat kecelakaan dan penyakit glukoma. Perempuan kelahiran 29 Januari 1938, Magelang ini menutup mata pada 21 Desember 2022 lalu.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS