Target Packing Logistik Pemilu di Tuban Tuntas Akhir Januari

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Sejak 20 Januari kemarin petugas PPK dan PPS nampak sibuk mempacking logistik pemilu 2024 di gudang Jl. Manunggal selatan. Mereka diberi waktu KPU Tuban menyelesaikan packing 10 hari hingga 30 Januari 2024. 

"Kami jadwalkan 10 hari, mulai 20 hingga 30 Januari 2024 mendatang,’’ ujar Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fathul Ikhsan. 

Packing logistik yaitu kegiatan memasukkan kelengkapan TPS ke dalam kotak sesuai jenisnya masing-masing. Misalnya kotak presiden, dalam satu kotak terdapat surat suara presiden sejumlah DPT plus 2 persen per TPS, lembar C plano hasil salinan, alat coblos, tinta, segel dan form lainnya.

“Logistik lain disesuaikan jenis kotak suara masing-masing, yaitu DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota,’’ ucapnya.

KPU Tuban membagi kegiatan packing per hari dua kecamatan, sehingga diperkirakan packing logistik di Tuban akan selesai dalam waktu 10 hari. Kemudian akan didistribusikan sesuai jadwal pada 6 Februari 2024 mendatang. 

Logistik yang di-packing saat ini sudah sesuai hasil sortir beberapa waktu lalu. Kecil kemungkinan jika masih ada surat suara yang rusak. 

"Semisal masih ditemukan surat suara rusak saat hari pencoblosan, ada mekanisme tersendiri," imbuhnya  

KPU memastikan bahwa logistik pemilu serentak 2024 di KPU Tuban sudah 99 persen terpenuhi. Sementara untuk pengamanan di gudang logistik, sudah terdapat penjaga dari Polres, KPU dan Bawaslu yang siap siaga 24 jam termasuk CCTV. [Ali/Dwi]