Profil Pendidikan 3 Cawapres 2024: Cak Imin, Gibran dan Mahfud MD 

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Debat Capres – Cawapres telah dilakukan hingga minggu 21 januari 2024. Dengan sisa 1 debat lagi, masyarakat diharapkan sudah mampu dan sudah memiliki referensi untuk memilih pemimpin Negara pada Pemilu 2024 mendatang.

Sementara itu latar belakang pendidikan merupakan salah hal yang dilihat masyarakat dari bakal calon presiden (bacapres) dan wakil presiden di Pilpres 2024. Berdasarkan Undang Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, syarat latar pendidikan bagi calon kandidat minimal lulus dari sekolah menengah atas atau sederajat. 

Berdasarkan keputusan KPU pada Pemilu 2024 mendatang tiga capres-cawapres yang akan maju Pilpres adalah Anies Baswedan-Cak Imin, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Berikut ini profil pendidikan 3 cawapres.

Profil Pendidikan Muhaimin Iskandar

Riwayat Pendidikan Cak Imin
Berdasarkan laman resmi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Abdul Muhaimin Iskandar mengawali pendidikan dasar di SD Mamba’ul Maarif Denanyar Jombang dan lulus pada 1979. Kemudian, ia melanjutkan sekolah ke tingkat menengah di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Jombang (1982) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta (1985). 

Pria kelahiran 24 September 1966 itu kemudian menimba ilmu di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pengetahuan (FISIP) Universitas Gadjah Mada (UGM) dan lulus pada 1991. Cak Imin kemudian meneruskan kuliah ke jenjang pascasarjana hingga meraih gelar magister komunikasi dari Universitas Indonesia (UI) pada 1998. 

Selama di bangku kuliah, pria kelahiran Jombang itu aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan. Adapun jabatan yang pernah diembannya, yaitu Ketua Korps Mahasiswa Jurusan Ilmu Sosial UGM, Ketua Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), dan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) PMII 1994-1997. 

Cak Imin juga memperoleh gelar doktor kehormatan atau honoris causa dari Universitas Airlangga (Unair) pada 3 Oktober 2017. Rektor Unair M. Nasih saat itu mengklaim Cak Imin telah berkontribusi terhadap kebhinekaan Indonesia.

Profil Pendidikan Gibran Rakabuming Raka

Walikota Solo dengan periode masa jabatan 2021-2024 ini adalah lulusan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 16 Mangkubumen Kidul; Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Surakarta; dan Orchid Park Secondary School, Singapura.

Menurut laman resmi, Orchid Park Secondary School adalah sekolah yang unggul dan fokus dalam bidang seni visual, pertunjukan, dan kepemimpinan pemuda di masyarakat.

Setelah pendidikan, SD, SMP, dan SMA, Gibran melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Singapura, yakni di Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan lulus pada 2007.

Kemudian, Gibran kembali melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology, Sydney, Australia dan lulus pada 2010.

Pendidikan Mahfud MD

Melansir dari Ikatan Alumni UII, Mahfud kecil sudah ditemani dengan pendidikan berbasis agama. Di samping belajar di bangku SD, dan MI, Mahfud juga menekuni ilmu agama di surau.

Saat kelas 5, Mahfud dikirim ke pondok pesantren Somber Lagah di Desa Tegangser Laok. Sejak saat itu, ia melanjutkan pendidikan di sana.

Meski nilai ujiannya bagus, Mahfud tidak melanjutkan sekolah ke SMPN favorit. Orang tuanya memasukkan Mahfud ke Pendidikan Guru Agama (PGA) Negeri di Pamekasan.

Pada saat itulah, nama Mahfud MD muncul. Saat itu, ada 3 murid dengan nama yang sama dengannya. Untuk membedakan, akhirnya Mahfud menambahkan inisial MD di belakang namanya. Itulah panggilan yang melekat padanya hingga saat ini.

Sehabis menamatkan PGA, Mahfud terpilih untuk melanjutkan ke Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN), sekolah kejuruan unggulan milik Departemen Agama di Yogyakarta. Setelah lulus, ia meneruskan pendidikan ke Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII). Pada saat yang sama ia juga kuliah Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sejak saat itu, Mahfud terus menekuni pendidikan tinggi hingga jenjang doktor, yakni S2 Ilmu Politik UGM dan S3 Ilmu Hukum Tata Negara UGM. Dengan ilmu tata negara ini, Mahfud MD pernah melangkah menjadi salah satu hakim konstitusi hingga menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013. Semasa kuliahnya, Mahfud juga mengantongi beberapa beasiswa yaitu Beasiswa Yayasan Dharma Siswa Madura, Beasiswa Yayasan Supersemar.

Rangkuman Pendidikan Mahfud MD

Mahfud MD lahir di Sampang, Madura, 13 Mei 1957 dari pasangan Mahmodin dan Suti Khadidjah. Inisial MD dibelakang namanya berasal dari nama ayahnya karena saat di SMP ada dua orang anak mempunyai nama yang sama bernama Mahfud, maka untuk membedakannya ditambahkan MD.

Sejak kecil Mahfud menempuh dua jenis pendidikan, pendidikan agama dan umum. Pagi hari belajar umum di sekolah dasar dan sore harinya sekolah agama di madrasah. Lulus dari SD, Mahfud melanjutkan pendidikan ke Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN), di Pamekasan, Madura dan dilanjutkan ke Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN) selama tiga tahun di Yogyakarta.

Setelah lulus pendidikan setingkat SMA, Mahfud melanjutkan ke dua perguruan tinggi sekaligus. Dia mengambil Jurusan Sastra Arab di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Jurusan Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Namun, ia lebih fokus di Hukum Tata Negara dan tidak melanjutkan di Sastra Arab. Dengan nilai bagus yang diperoleh Mahfud memudahkannya mendapatkan beasiswa untuk membiayai kuliahnya.

Setelah menggondol gelar sarjana hukum pada usia 26 tahun, Mahfud langsung memulai kariernya sebagai dosen di kampus almamaternya UII. Di tengah kesibukannya menjadi dosen, dia tetap mengikuti pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di UGM.

Puncaknya dia menjadi  Guru Besar bidang Politik Hukum pada tahun 2000, dalam usia yang terbilang masih muda yakni 43 tahun.

Berikut jenjang pendidikan Mahfud MD:

  • Madrasah Ibtida'iyah di Pondok Pesantren al Mardhiyyah, Waru, Pamekasan, Madura
  • SD Negeri Waru Pamekasan, Madura
  • Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) SLTP 4 Tahun Pamekasan Madura
  • Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN) SLTA 3 Tahun Yogyakarta
  • S1 Fakultas Hukum, Jurusan Hukum Tata Negara UII Yogyakarta
  • S1 Fakultas Sastra dan Kebudayaan Jurusan Sastra Arab UGM
  • S2 Ilmu Politik UGM
  • S3 Ilmu Hukum Tata Negara UGM
  • Demikian rekam pendidikan Mahfud MD

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS