Batang Pohon Asam yang Menutupi Jalan Raya Daendels Tuban Ditarik Tronton

Reporter : Muhammad Nurkholis 

blokTuban.com - Pohon tumbang yang melintang di Jalan Raya Dandeles, tepatnya di Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, akhirnya berhasil dievakuasi. 

Kejadian pohon tumbang ini terjadi pada pukul 17.00 Wib, Minggu (21/1/2024). Bahkan dari Kejadian ini arus lalu lintas di Jalan Raya Daendels harus mengalami kemacetan yang cukup panjang sekitar 1 Kilometer. 

Menurut Kapolsek Palang AKP Carito bahwa pohon tumbang tersebut diakibatkan adanya hujan dan angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Tuban sore tadi. 

“Tumbangnya pohon ini disebabkan karena adanya hujan dan angin kencang sore tadi,” ujar AKP Carito. 

Dua jam dilakukan evakuasi oleh tim adan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban dengan dibantu warga setempat. Barang pohon dengan ukuran besar yang melintang ke jalan dapat ditemukan pada pukul 19.00 Wib.

Proses evakuasi yang memakan waktu dua jam tersebut dilatarbelakangi karena ukuran pohon yang cukup besar. Diperkirakan pohon asam tersebut, memiliki tinggi sekitar 8 meter. 

Selain itu untuk menepikan pohon tersebut petugas harus dibantu dengan truk tonton untuk menariknya. 

“Pohon tersebut kira-kira memiliki tinggi sekitar 8 meter,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, Carito membeberkan dari kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa atau korban material. 

“Alhamdulillah tidak ada korban,” pungkasnya. 

Mantan Kapolsek Semanding ini juga menghimbau kepada masyarakat yang sedang berkendara di saat hujan deras, sebaiknya berhenti sementara. Selain jarak pandang yang sempit juga agar lebih aman.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan usai berhasil dievakuasi arus lalulintas di Jalan Raya Dandeles langsung berjalan lancar. [Nur/Ali]