Pemkab Tuban akan Bagikan 1000 Unit Jamban pada 2024

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Tuban, mengklaim jika capaian Open Defacion Free (ODF) 100 persen. 

Kepala Dinkes P2KB Kabupaten Tuban, Esti Surahmi mengatakan jika seluruh desa yang ada di Kabupaten Tuban sudah ODF 100 persen. 

"Capaian ODF sudah 100 persen, Kabupaten Tuban sudah lauinching ODF, jadi sudah kabupaten ODF sekarang," katanya kepada blokTuban.com, saat ditemui Kamis (11/1/2024). 

Capaian ini, tentu merupakan kerja keras dan komitmen yang terus dilakukan oleh Pemkab Tuban dengan berkolaborasi bersama pihak-pihak terkait, untuk menerapkan perilaku hidup sehat. 

Bahkan, pada tahun 2024 ini Pemkab Tuban telah memproyeksikan untuk mengalokasikan dan penyediaan jamban kurang lebih sebanyak 1000 unit bagi masyarakat di Kabupaten Tuban. 

Di samping itu, Esti sapaan akrabnya, menambahkan jika kebiasaan buruk Buang Air Besar (BAB) yang dilakukan sembarangan merupakan sumber bakteri yang bisa mengancam masyarakat. 

"Kebiasaan membuang air besar secara sembarangan ini memiliki banyak dampak bagi masyarakat maupun lingkungan, karena itu merupakan sumber bakteri," jelasnya. 

Dengan demikian, maka masyarakat dihimbau untuk terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dengan BAB pada tempatnya. [Sav/Ali]