Sebab Listrik di Tuban Sering Mati Tiba-tiba Saat Hujan, Ini Cara Lapor PLN

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada saat musim penghujan datang, aliran listrik acapkali mati secara tiba-tiba. Pemutusan listrik tersebut, tentu dikeluhkan oleh sejumlah masyarakat, termasuk di Kabupaten Tuban. 

Meski demikian, pemutusan aliran listrik secara tiba-tiba ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, pada musim hujan terdapat beberapa kendala yang dialami oleh petugas dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) tersebut. 

Manager ULP PLN Kabupaten Tuban, Agus Riyadi mengatakan jika pemutusan aliran listrik yang dilakukan oleh pihaknya pada saat musim hujan, bertujuan untuk keamanan bersama. 

Pasalnya, pada situasi seperti saat ini, banyak kabel yang terkena pohon tumbang sehingga harus dilakukan pembenahan dan aliran listrik terpaksa harus diputus. 

"Sering mari lampu dikarenakan Kabel terkena pohon tumbang dan tersentuh kejatuhan dahan ranting," ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (17/12/2023). 

Selain itu, dibeberapa tempat pemutusan aliran listrik biasanya juga dilakukan lantaran terdapat tiang listrik yang patah ataupun karena layang-layang tersangkut dikabel listrik, sehingga pada saat saat menjadi terbakar. 

Di sisi lain, Agus sapaan akrabnya mengaku jika sejauh ini, pihaknya masih mengalami kesulitan untuk mengatasi hal tersebut, lantaran kebanyakan pohon-pohon mangga milik warga yang masih produktif, tidak diperbolehkan untuk dipotong. 

"Sebagai solusinya maka harus dilakukan pemotongan pohon secara berkala, tentunya dengan izin pemilik," jelasnya. 

Selanjutnya, Agus juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya akan terus melakukan inpeksi, terkait potensi yang menyebabkan gangguan aliran kelistrikan, serta melakukan pengamanan. 

Oleh karena itu, ia menghimbau kepada masyarakat, untuk segera melaporkan kepada petugas PLN, apabila terdapat pohon atau ranting pohon yang menempel di jaringan dan memperbolehkan petugas untuk sedikit memotongnya. 

"Segera sampaikan info melalui aplikasi PLN mobile, apabila ada pohon yang menempel ke jaringan kabel listrik," pungkasnya. [Sav/Ali]