Forum Leadership Tuban Kaji Kerusakan Lingkungan, Berikut Titik Lokasinya

Reporter: Mochamad Nur rofiq

 

blokTuban.com - Forum Leadership Tuban sedang mengkaji kerusakan lingkungan yang kian mengkhawatirkan. Forum aktivis pemuda yang diinisiasi Lakpesdam PCNU Tuban ini menilai kerusakan itu akibat ulah Industri yang tidak bertanggungjawab. 

 

Aam Waro' Panotogomo, Juru Bicara Forum Leadership Tuban mengatakan, generasi muda Tuban akan ikut andil mengawasi dan melestarikan lingkungan. Pihaknya mengakui jika saat ini penetrasi industri terhadap kehidupan sangat tinggi.

 

"Mau tidak mau kita harus menyiapkan diri sebagai bagian warga Tuban untuk menyeimbangkan itu pada porsi yang ideal," kata Aam saat menggelar diskusi Forum Leadership Tuban berbasis Industri Hijau yang Berkelanjutan, Sabtu (16/12/2023).

 

Dari kajian dan temuannya saat ini ada beberapa titik kerusakan alam yang diakibatkan aktivitas tambang di Tuban. Pihaknya khawatir jika dibiarkan tanpa ada pengawalan akan semakin masif kerusakan yang terjadi.

 

"Kita baru bisa sebatas mengkaji belum aksi. Maka dari itu saat ini dan selanjutnya kami akan intensif bertemu untuk menyamakan persepsi pemuda-pemuda Tuban," tegasnya.

 

Ketika industri di Tuban semakin masif, lanjut Aam, Forum Leadership Tuban akan mengambil peran menjaga keseimbangan. Pihaknya akan mengajak dan menggugah pemuda untuk turun langsung ke lingkungan yang sudah rusak.

 

Titik kerusakan yang sudah dikantongi antara lain, di wilayah jatirogo, Rengel, Semanding, dan Palang. Selain itu juga ada titik kerusakan lingkungan di jalur pantura akibat pembuangan limbah industri yang tidak bertanggungjawab.

 

"Kita sudah mengecek langsung ke lapangan dan saat ini kita kaji. Rencanaya nanti kita akan turun sembari merumuskan rekomendasi untuk pemangku kebijakan," pungkasnya.[rof]