Waspadai Bencana Hidrometeorologi Saat Pancaroba di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, mengingatkan kepada seluruh masyarakat di Bumi Ronggolawe untuk waspada, terhadap datangnya bencana hidrometeorologi.

Hal tersebut, lantaran pada Minggu ini, Kabupaten Tuban sudah ke dalam peralihan musim atau musim pancaroba.

Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padama mengatakan jika pada awal hingga akhir Bulan November 2023 mendatang, Kabupaten Tuban sudah masuk ke peralihan musim, dari kemarau ke penghujan.

"Iya benar, musim peralihan atau pancaroba untuk wilayah Tuban sudah mulai terjadi pada minggu ini atau pada awal November hingga pertengahan atau akhir November ini," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (31/10/2023).

Menurutnya, awal musim penghujan di Kabupaten Tuban sendiri, diperkirakan mundur II hingga III dasarian dari normalnya, karena pengaruh adanya fenomena El-Nino.

Oleh karena itu, Zem sapaan akrabnya memprediksi jika awal musim hujan di Tuban terjadi pada akhir Bulan November hingga pertengahan Desember 2023 nanti.

"Jadi untuk prakiraan Awal Musim Hujan di Kabupaten Tuban terjadi pada akhir November (November III) hingga pertengahan Desember (Desember II)," bebernya.

Di sisi lain, ia juga menambahkan jika di Kabupaten Tuban di bagi menjadi 4 zona musim, diantaranya ialah zom 284 yang berada di wilayah Tuban Selatan seperti Senori, Parengan dan Soko. Untuk zom 285 meliputi Kecamatan Tambakboyo, Bancar, Jatirogo, dan Kenduruan.

Sementara zom 286 meliputi Kecamatan Jenu, Merakurak, Kerek, Tuban, Semanding, Grabagan, Montong, Singgahan, ataupun Bangilan. Untuk zom 287 nya yaitu berada di Kecamatan Plumpang, Widang, Palang, dan juga Rengel.

"Puncak musim hujan Tahun 2023/2024 di Kabupaten Tuban, diprediksi akan terjadi pada Bulan Februari 2024 mendatang," katanya.

Oleh sebab itu, Zem menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

Sebab, biasanya pada masa peralihan atau pancaroba sering terjadi angin kencang, puting beliung, atau bahkan terkadang juga terjadi hujan lebih secara tiba-tiba dengan disertai petir, namun durasinya tidak lama. [Sav/Ali]