Fakta Hiu Tutul yang Tampak di Laut Tuban, Terancam Punah dan Dilindungi

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Viralnya kemunculan hiu tutul yang nampak terlihat di lautan Kabupaten Tuban, ternyata adalah salah satu hewan yang langka dan dilindungi. 

Dikonfirmasi blokTuban, Kapolsek Tambakboyo AKP Eko Martono membenarkan jika kemunculan hiu tersebut terjadi di Kecamatan Tambakboyo,

"Kejadiannya kemarin, hiu tersebut muncul di dekat Pelabuhan PT solusi bangun indonesia," ucap AKP Eko Martono, Rabu (11/10/2023). 

Lebih lanjut ia membeberkan jika dengan adanya penampakan ikan hiu tutul tersebut, nelayan setempat membiarkan ikan tersebut berenang dan tak menangkapnya. 

"Dibiarkan Mas, nggak ditangkap," imbuhnya. 

Sementara itu dosen ilmu kelautan Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban Suwarsih, mengatakan jika munculnya hiu tersebut karena faktor cuaca ekstrem di laut, hal tersebut menjadikan hiu tutul tersebut berpindah ke perairan dangkal untuk mencari plankton. 

"Munculnya hiu tutul, ya karena cuaca ekstrim di laut oleh karena itu hiu tutul hijrah di perairan dangkal untuk mencari plankton karena tidak tersedia di perairan aslinya," ujar Suwarsih. 

Lebih lanjut Suwarsih mengatakan jika kemunculan hiu tersebut bukan sebuah ancaman bagi para nelayan, sebab hiu tersebut tidak berbahaya. Namun ia menjelaskan jika hiu tutul adalah salah satu hewan langka yang harus dilindungi karena karena termasuk hewan yang terancam mengalami kepunahan. 

Selain itu Suwarsih juga mengatakan, jika hiu tutul di usia 10 hingga 15 tahun akan memiliki panjang sekitar 1,2 hingga 1,5 meter. Dan dari teori yang ia pelajari, hiu tutul merupakan salah satu hewan yang memiliki umur panjang. Sebab hiu ini, bisa hidup hingga umur 70 tahun.

"Kalau umur (hiu tutul, red) bisa mencapai 70 tahun," pungkasnya.

[Nur/Dwi]