5 Wisata Sekitar Sumber Krawak Tuban yang Sayang Jika Dilewatkan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sumber Mata Air Krawak merupakan salah satu wisata berbasis alam, yang ada di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Letaknya yang berada di tengah hutan, membuat destinasi wisata ini masih jarang diketahui oleh masyarakat luas, baik di Kabupaten Tuban maupun luar kabupaten, Minggu (1/10/2023).

Untuk masuk ke Sumber Krawak setiap pengunjung dikenakan tiket masuk Rp 5.000/orang. Lalu ada biaya parkir motor: Rp 3.000 dan biaya parkir mobil: Rp 10.000.

Namun, sayang jika main ke Tuban cuma berkunjung ke Krawak. Padahal di sekitarnya terdapat 5 wisata lain yang tak kalah menarik pesonanya.

1. Air Terjun Nglirip

Tak jauh dari Sumber Krawak ada wisata Air Terjun Nglirip. Letaknya di sebelah selatan 1,6 Kilometer atau ditempuh dengan kendaraan cuma butuh waktu 3 menit.

Harga tiket masuk ke Air Terjun Nglirip Tuban untuk tiket orang dewasa, Rp. 8000 ; anak – anak, Rp. 3000  Lalu, biaya parkir sepeda motor, Rp. 2000 dan parkir mobil, Rp. 5000.

Air terjun Nglirip letaknya di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Tuban. Saat musim kemarau view air terjunnya sedang cantik-cantiknya, dengan warna air hijau tosca.

Dan tidak disarankan berkunjung saat musim penghujan, karena sering banjir bandang yang membahayakan pengunjung jika nekat ke sana. Untuk makanan andalan di wisata ini salah satunya rujak buah.

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat, Multazam, air terjun Ngelirip sampai saat ini masih menjadi destinasi langganan wisatawan yang sedang berada di Kabupaten Tuban.

2. Air Panas Wana Wisata Prataan

 Jika kalian sedang di Sumber Krawak tak ada salahnya mencoba air panas Wana Wisata Prataan di Kecamatan Parengan, Tuban. Jarak dari Krawak menuju air panas tersebut sekitar 22,1 Km atau perjalanan butuh waktu 36 menit.

Secara administratif berada di dukuh prataan Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan dan Kabupaten Tuban. Secara pengelolaan hutan terletak di petak 33b, RPH Manjung, BKPH Parengan Utara, KPH Parengan dengan luas 4,20 ha, pada ketinggian 25 mdpl dengan suhu 26C dan curah hujan rata-rata 2.030 mm/tahun dan termasuk kelas hutan produksi jenis jati dan rimba campur.

Aksesibilitas menuju lokasi dapat dijangkau dengan angkutan umum (bus jurusan Bojonegoro – Jatirogo) dengan kondisi jalan beraspal, untuk masuk kawasan menggunakan jasa ojeg sejauh 6 km sampai pintu gerbang, dari pintu gerbang ke lokasi sekitar ± 300 m.

Selain pemandian air panas juga terdapat kolam renang air dingin yang sumber airnya berasal dari watu agar dengan jarak ± 1,5  km. kolam renang tersebut airnya bersih, jernih alami tanpa zat kimia dan terus mengalir sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit dan mata.  Potensi lain yang dimiliki oleh WW Prataan yaitu area bumi perkemahan (BUPER) yang sering digunakan siswa sekolah baik yang berasal dari kabupaten Tuban, Lamongan.Bojonegoro dan sekitarnya.

Fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung antara lain yaitu : area parkir, toilet, musholla,terapi ikan warung makan, shelter, pintu gerbang, papan interpretasi, kolam  renang (panas dan dingin), penangkaran rusa, aula, panggung hiburan playground, papan penunjuk arah, loket, instalasi listrik, instalasi air, dan area outbond, wifi.

Pemandian air panas disajikan dalam bentuk kolam dan bilik/kamar. Bagi yang membutuhkan privasi untuk berendam air panas, juga disediakan kamar berendam sejumlah 11 kamar, maksimal waktu berendam 15 menit.

Pengunjung yang berendam air panas selain menghilangkan rasa capek, juga dapat digunakan sebagai terapi bagi yang menderita stroke, asam urat, penyakit kulit ringan dan sebagainya,  karena airnya mengandung belerang.

Pengunjung hanya membayar 12.000 saat week day dan 14.500 saat weekday sudah bisa menikmati semua wahana yang ada.

Flora dan Fauna yang terdapat dalam wana wisata Prataan :

Jenis Flora yang ada di Wana Wisata Prataan : Jati, asam jawa, Lamtoro, Jambu, Ketapang, Mahoni, dll. Jenis fauna didominasi oleh beragam jenis burung, antara lain : Burung cendet, trucukan, greja, kutilang, dll.

Kondisi alam yang masih rimbun sangat cocok buat mengisi liburan bersama keluarga.

3. Agro Park Klumpit

Tak hanya Air Terjun Nglirip dan Air Panas Prataan, wisata Sumber Krawak juga dekat dengan objek wisata Agro Park Klumpit di Kecamatan Soko. Jika lewat Jalan Raya Montong, pengunjung butuh waktu 43 menit dengan jarak tempuh 24,8 Km.

Agro Park Klumpit tak hanya menjadi sarana rekreasi dan bermain semata. Terbaru, wisata yang berada di Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban ini menawarkan pengunjung untuk melihat pemandangan langit dari puncak tertingginya.

Bukan langit di siang hari, namun malam hari melalui wahana camping. Dari puncak tertinggi Agro Park Klumpit, ribuan bintang akan nampak sebab saat ini Kabupaten Tuban tengah memasuki musim kemarau.

Camping malam minggu merupakan waktu yang tepat untuk melepas penat bagi wisatawan yang memiliki aktifitas padat. Cukup dengan membayar Rp20.000 per orang, pengunjung mendapatkan beragam fasilitas, seperti lokasi camp luas, panggung karaoke, kamar mandi, musala, cafe, gazebo, dan parkir yang luas.

Destinasi wisata alam Agro Park Klumpit ini terletak di Dusun Bentaor, Desa Klumpit, Kecamatan Soko. Untuk masuk ke wisata Agro Park Klumpit anda cukup merogoh kocek Rp10 ribu per satu tiket masuk.

Bagi yang penasaran dengan rute wisata ini, kalian dapat dengan mudah mengeceknya di Google Map, dan bagi yang ingin reservasi dapat DM di akun instagramnya.

4. Gua Putri Asih

Gua ini terletak di tengah Hutan, Dusun Nguluhan, Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Cukup dengan membayar tiket Rp10.000, anda dapat merasakan pesona keindangan gua tersebut.

Meskipun letaknya di tengah hutan, pengunjung yang membawa mobil tidak usah khwatir karena kondisi jalannya sudah bagus sampai di depan mulut gua. Suasana di dalam Gua Putri Asih berbeda dengan gua pada umumnya yang cenderung pengap. Di Gua ini banyak ventilasi udaranya, sehingga anda saat menyusuri rute tidak takut sesak nafas.

Dari Sumber Krawak, dibutuhkan waktu 12 menit perjalanan dengan jarak tempuh 7,1 Km.

5. Tanazawi

Untuk menuju Tanazawi jika kalian dari Sumber Krawak dibutuhkan waktu sekitar 33 menit denga  jarak tempuh 19,4 Km melewati Jalan Raya Montong.

Tanazawi berada di Desa Bringin Kecamatan Montong Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Untuk tiket masuk hari biasa Rp 15.000, untuk weekend Rp 20.000. Biasanya untuk hari tertentu mendatangkan penampilan Anime Jepang versi lokal, pengunjung bisa berfoto ria bersama Anime Jepang tersebut.

Itulah 5 destinasi wisata sekitar Sumber Krawak di Kabupaten Tuban. [Ali/Dwi]