Manfaat Serai Selain Bumbu Dapur Bisa untuk Jgaa Kesehtaan Lambung

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tanaman serai, juga dikenal sebagai serai wangi atau sereh, adalah tumbuhan yang sering digunakan dalam berbagai masakan dan minuman di berbagai bagian dunia, terutama di Asia Tenggara. 

Bagian yang paling umum yang digunakan dari tanaman serai adalah batangnya yang beraroma kuat. Batang serai sering digunakan sebagai bumbu dalam berbagai hidangan, terutama dalam masakan Asia Tenggara, seperti rendang, tom yum, dan laksa. Serai juga dapat digunakan dalam saus, sup, dan tumisan untuk memberikan rasa segar dan harum pada hidangan.

Tanaman herbal ini membantu mengatasi masalah pencernaan, karena bertindak sebagai diuretik alami. Hal ini dapat membantu meredakan mual, sembelit, kembung, dan menenangkan perut, untuk menjaga fungsi sistem pencernaan.

Selain itu, melansir dari Journal of Young Pharmacists yang berjudul Investigation of the Mechanisms Underlying the Gastroprotective Effect of Cymbopogon Citratus Essential Oil, mengonsumsi sereh dalam bentuk teh atau minuman herbal juga bisa membantu menurunkan risiko tukak lambung.

Manfaat tanaman serai untuk kesehatan lebih jelasnya yakni:

Antioksidan

Serai mengandung senyawa-senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Antiinflamasi

Kandungan minyak atsiri dalam serai, seperti citronellol, memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

Mengurangi Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa serai dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Pengusir Serangga Alami

Aroma serai juga digunakan sebagai pengusir serangga alami. Minyak serai sering digunakan dalam produk-produk pengusir nyamuk dan serangga lainnya.

Selain kegunaan dan manfaat di atas, serai juga digunakan dalam industri parfum dan kosmetik karena aromanya yang menyegarkan. 

Meskipun serai memiliki berbagai manfaat, orang yang memiliki alergi tertentu atau kondisi medis tertentu sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi serai dalam jumlah besar atau dalam bentuk suplemen.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS